https://www.istockphoto.com/

Apa Itu Executive Management Program? Simak Ulasannya!

Memiliki karir yang cemerlang merupakan impian bagi sebagian besar orang. Salah satunya adalah mencapai jenjang karir tertentu di sebuah perusahaan seperti duduk di level mid-management.

Tentu anda harus menjalani perjalanan yang penuh tantangan sehingga keterampilan yang anda miliki semakin mumpuni.

Bagi anda yang bermimpi untuk memiliki karir yang bagus di masa yang akan mendatang, hal pertama yang mungkin harus anda lakukan adalah memilih program pendidikan yang berkualitas dan terarah dengan jelas.

Apabila target anda adalah menduduki posisi mid-management, maka anda harus tahu bahwa ada program kuliah khusus yang bisa diambil untuk mencapai mimpi tersebut.

Yup! Executive Management Program adalah program yang akan menempa anda untuk mengemban tanggung jawab pekerjaan di level mid-management.

Program Executive Management Program biasanya diadakan oleh lembaga-lembaga pendidikan formal seperti kampus ataupun lembaga-lembaga swasta yang tidak perlu diragukan kualitas programnya.

Banyak lembaga bisnis terkemuka yang menawarkan kursus dan program yang disesuaikan untuk para calon eksekutif ataupun mereka yang sudah menduduki jabatan eksekutif.

Program dapat berupa pembelajaran dengan metode yang disesuaikan dengan kebutuhan, ada yang full online, hybrid atau all-in-person yang mencakup topik manajemen resiko, persaingan, dan reputasi merek.

Lembaga tersebut umumnya menyediakan paket-paket program pengembangan eksekutif di hampir semua bidang fungsional manajemen dan alat bantu keterampilan menajerial serta memberikan pelayanan yang memungkinkan untuk mengakses berbagaii kepentingan baik akademisi maupun profesional.

istockphoto.com

Pengertian Executive Management Program

Executive Management Program merupakan sebuah program pendidikan yang menawarkan sebuah perspektif dan alat baru tentang cara menghadapi tantangan yang ada pada bisnis Anda.

Sehingga Anda akan dipersiapkan untuk terampil memecahkan masalah, mencari solusi, dan bersiap untuk peluang serta resiko yang mungkin akan terjadi di masa yang akan datang.

Executive Management Progam dirancang untuk mereka yang menginginkan posisi karir di level mid-management segera setelah lulus atau para eksekutif yang ingin mengembangkan karirnya. Program ini terbilang masih jarang diadakan di Indonesia.

Progam ini memperkenalkan manajer dan pemimpin karir menengah ke kepemimpinan terbaru tentang , inovasi, strategi, pengambilan keputusan, dan kepemimpinan.

Program ini diperuntukkan kepada mereka yang biasanya berada di pasar negara berkembang yang ingin mengasah kekuatan mereka.

Mereka dapat mempelajari berbagai keterampilan baru, memperluas jaringan dengan manajer berpengalaman lain di seluruh dunia, ataupun untuk bersiap menuju jenjang karir berikutnya.

Dalam jangka waktu beberapa hari program, peserta akan mempelajari keterampilan yang mereka butuhkan untuk menunjang karir. Program multi-modular unik ini biasanya dirancang dengan program sebagai berikut:

  • Manajemen dan Kepemimpinan
  • Strategi dan Inovasi
  • Teknologi, Operasi, dan Manajemen Rantai Nilai

Program ini berdasar pada prinsip bahwa pengembangan pengetahuan secara akademik harus diimbangi dengan aplikasi ilmu secara praktis dari pengetahuan itu sendiri.

Materi yang diberian di kelas akan diimbangi dengan penerapan konsep teoritis untuk masalah di dunia nyata.

Peserta akan diminta untuk membuat dan melaksanakan proyek yang mereka kembangkan sendiri selama program berlangsung.

Mereka diberi kesempatan untuk bekerja sama dalam menerapkan pengetahuan kelas untuk permasalahan yang ada di dunia nyata.

Executive Management Program umumnya akan banyak membahas bagaimana pendekatan yang efektif terhadap bisnis agar perencanaan dan pengendalian persediaan bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

Hal itu dapat dilakukan dengan memberikan konsep dan teknik yang diterapkan dengan disertai contoh-contoh kasus.

Selanjutnya, peserta akan dilatih bagaimana memahami faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi kegiatan pergudangan serta perencanaan terhadap material flow, information personal, sistem informasi dan investasi.

Selain itu, bagi kalangan profesional disediakan pula program bagi mereka yang memiliki keinginan untuk memperluas wawasannya di bidang Human Capital Management.

Program ini dirancang sebagai suatu program bersifat one-stop-point untuk mempelajari pengetahuan dan skill pengelolaan sumber daya manusia.

Penyedia layanan Executive Management Program biasanya akan bekerjasama dengan instansi yang terkait dan relevan dengan program pembelajaran.

Sehingga peserta akan mendapatkan pengetahuan berupa teori sekaligus contoh-contoh praktis untuk menjadi perencana keuangan yang profesional dan memiliki sertifikat yang diakui oleh standar nasional.

istockphoto.com

Manfaat Executive Management Program

Program ini akan memperkuat peran Anda di dalam tim untuk mewujudkan cita-cita organisasi Anda.

Umumnya program semacam ini berkolaborasi dengan para ahli dari berbagai komunitas bisnis sehingga Anda akan dipacu untuk bekerja secara strategis dan proaktif, dengan disertai pemahaman yang lebih dalam untuk memahami manajemen dengan baik.

1. Manfaat

Beberapa manfaat yang akan anda dapatkan antara lain yaitu:

  • Meningkatkan ketrampilan Anda dalam memperluas pengembangan bisnis dan istilah ekonomi
  • Memperoleh perspektif baru dalam mengidentifikasi, mengembangkan, dan menganalisis masalah yang Anda hadapi di organisasi dengan cara yang efektif dan mendorong kemajuan bisnis
  • Mendapatkan wawasan baru yang jangkauannya lebih luas tentang hubungan antara daya saing, penciptaan nilai, dan organisasi
  • Memiliki perspektif baru yang aplikatif sehingga dapat langsung diterjemahkan untuk pengembangan bisnis
  • Mengembangkan pendekatan ilmiah terhadap informasi yang akan membantu Anda dalam pengembangan bisnis
  • Memperoleh metode komunikasi yang lebih efisein untuk diterapkan di organisasi bisnis Anda

Program pendidikan yang ditawarkan memiliki karakter yang khas, didirikan berdasarkan penelitian langsung, pemecahan masalah dunia nyata, dan berkomitmen untuk melakukan aktivitas belajar yang diimbangi dengan praktik penerapan pengetahuan secara langsung.

Pendidikan seperti ini sangat cocok untuk mereka yang menginginkan pendidikan untuk aplikasi praktis.

2. Pengalaman

Selain manfaat diatas, pengalaman yang akan di dapatkan oleh peserta Executive Management Program antara lain:

  • Kuliah dan studi kasus
  • Simulasi cara berbisnis
  • Pelatihan kepem impinan
  • Latihan pelaksanaan proyek
  • Cara membangun tim
  • Akses jaringan yang lebih luas

Peserta pelatihan program dari berbagai macam organisasi bisnis yang berbeda akan diberi ruang untuk bekerja sama mencari solusi terbaik untuk pengembangan bisnis.

Hal ini tentu akan memberikan nilai tersendiri bagi para peserta, karena mereka akan bertukar pengalaman berharga dan membentuk jaringan baru yang akan bermanfaat setelah program berakhir.

Model, metode analisis, dan latihan praktis yang menjadi materi selama program pelatihan akan melatih keterampilan peserta sehingga nantinya saat kembali ke organisasi akan ada peningkatan keterampilan yang signifikan.

Penyedia layanan Executive Management Program akan berkomitmen dengan pengembangan eksekutif berkelanjutan dan menyediakan topik yang relevan dengan masalah nyata dalam bisnis saat ini, inovatif, berorientasi pada pemecahan maslah (result-driven) sehingga berfokus pada hasil dan strategi pencapaian yang paling baik.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti Executive Management Program, Anda dapat mencari informasi terkait pendaftaran, ketentuan program, dan biaya dari internet.

Temukanlah universitas atau lembaga yang menawarkan Executive Management Program dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Biasanya ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi, tergantung dari lembaga penyedia program.

Ikutilah alur pendaftarannya. Jika ada pertanyaan terkait program yang ditawarkan, Anda bisa menghubungi Contact Person yang tertera di papan iklan.

Well, demikianlah penjelasan tentang pengertian Executive Management Program. Semoga artikel ini akan membantu dalam memperoleh informasi yang Anda butuhkan. Selamat mencoba, sukses selalu!

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *