Pengertian dan Jenis-Jenis Lead Generation dalam Marketing

Pengertian dan Jenis-Jenis Lead Generation dalam Marketing
skylinesocial.com

Sudahkah kamu tahu apa itu lead generation dalam dunia digital marketing? Lead genertaion adalah bagian yang sangat penting.

Untuk kamu yang ingin menjadi seorang marketer, kamu kamu menguasai apa itu lead generation.

Atau, untuk kamu yang sedang mulai mempelajari digital marketing, istilah ini mungking sudah sering keluar masuk ditelinga namun masih cukup membingungkan.

Pasalnya, lead generation menjadi sangat penting karena ia mampu menggaet calon pelanggan yang cukup potensial.

Dulu, cara mengumpulkan leads adalah dengan memanfaatkan telepon dan email. Sekarang, banyak sekali sarana yang bisa digunakan dalam mengumpulkan leads seperti sosial media dan paltfoarm-platform lainnya.

Sebelum lebih jauh, yuk kita belajar tentang apa sebenarnya lead generation dalam marketing.

Apa Itu Lead Generation?

Lead dalam istilah lead generation diartikan sebagai orang yang tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan oleh brand tertentu. Sederhananya, lead ini adalah orang yang berpotensi menjadi konsumen alias calon pelanggan.

Lead ini bisanya adalah orang-orang yang memang sudah tertarik dengan brand tersebut. Lalu, untuk mendapatkan seorang lead, sebuah brand membutuhkan lead generation agar bisa membuat calon konsumen benar-benar menjadi seorang konsumen, bukan lagi calon.

Lead generation ini adalah salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk meningkatkan minat calon pelanggan terhadap produk tersebut.

Ada banyak metode yang bisa digunakan, contohnya seperti membagikan postingan di web, menyebarkan kupon, atau membuat acara baik itu secara langung maupun online.

Ketika sudah mendapatkan mereka. Kamu juga harus terus membimbingnya agar menuju ke penawaranmu.

Kamu harus merebut perhariannya dan membuat ia benar-benar ingin bertransaksi dengan kamu. Jika kamu tidak mengupayakan semaksimal mungkin, calon pelangganmu bisa kabur begitu saja.

Berbicara mengenai lead generation, maka ia sangatlah luas. Ia tidak terbatas pada satu karakter saja. Lead generation terbagi ke dalam beberapa jenis.

Berikut di bawah ini adalah jenis-jenis lead generation yang dibagi berdasarkan klasifikasinya.

1. Marketing qualified lead (MQL)

MQL ini adalah orang yang terlibat langsung dalam tim pemasaran produk. Maksudnya adalah MQL ini sudah mengetahui informasi tentang produk-produk kamu sebelumnya. Hanya saja, mereka belum bisa sampai pada tahap pembelian.

Salah satu contoh MQL ini biasanya adalah orang yang sudah mengisi formulai penjualan di web bisnis milikmu.

Sayangnya, mereka memang hanya mengisi saja, belum mau ingin membeli produknya. Semacam baru ingin mencari-cari saja informasinya.

2. Sales qualified lead (SQL)

SQL ini adalah orang yang secara terang-terangan menunjukan bahwa ia memang berminat terhadap produk yang kamu tawarkan.

Tak hanya itu, ia juga sudah berkenan untuk membeli produkmu tersebut. Dia adalah satu tingkat lebih lanjut dari MQL.

3. Produck Qualified Lead (PQL)

PQL adalah sudah mencoba produk kamu secara gratis dan berminat untuk menjadi pelangganmu.

PQL ini biasanya didapatkan oleh perusahaan-perusahaan yang menyediakan uji coba gratis kepada calon pelanggan.

4. Service Qualified Lead

Jenis lead generation yang terakhir adalah service qualified lead. Ia adalah orang yang sudah mencoba produkmu secara gratis, sudah berhasil membayar produknya karna menginginkan fitur lengkapnya. Biasanya jenis lead genertion ini akan bilang bahwa ia tertarik untuk berlangganan.

Nah itu dia penjelasan mengenai apa itu lead generation dan jenis-jenis dari lead generation.

Semoga informasi ini membantu anda untuk lebih memahami konsep-konsep dalam dunia marketing.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *