Kitchen Equipment
https://englishstudyonline.org/

Pengertian Kitchen Equipment, Fungsi dan Jenisnya

Dapur merupakan suatu tempat dimana kita sering kali melalukan aktivitas sehari – hari. Dapur pada umumnya di gunakan untuk memasak ataupun menyimpan bahan makanan.Adapun peralatan dapur yang sering kali kita gunakan untuk memasak sehari – hari semakin menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan dari waktu ke waktu, yang tentunya semakin berkembang sesuai dengan kebutuhan dan fungsi nya masing – masing.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan memasak dalam skala besar, tentuk kita memerlukan peralatan dapur equipment atau biasa yang di sebut juga dengan kitchen equipment supaya dapat menghasilkan masakan dalam jumlah yang banyak.

Beberapa orang berpendapat bahwa kitchen equipment hanyalah istilah yang dipergunakan sebagai perlengkapan masak memasak saja, akan tetapi ini tidaklah benar.

Kitchen equipment dapat juga berfungsi untuk mengawetkan makanan bahan mentah agar tudak cepat membusuk. Tidak hanya itu, segala perlengkapan kebersihan yang terdapat di dalam daput juga merupakan bagian dari kitchen equipment.

Kitchen equipment biasanya di gunakan pada industri yang bergerak dalam bidang tata boga, seperti restoran, cafe, perhotelan, katering, bar, central kitchen dan lainnya.

Peralatan kitchen equipment ini juga menjadi hal yang sangat penting karena peralatan ini menjadi senjata para chef maupun koki untuk mengkreasikan sajian yang istimewa buat para pelanggan.

Mungkin beberapa orang masih ada yang belum mengenal lebih jauh mengenai nama maupun fungsi kitchen equipment.

Dari sekian banyak peralatan dan macam-macam jenis kitchen equipment yang dibutuhkan, terdapat beberapa peralatan di dapur yang memiliki fungsi yang mungkin dapat kita katakana lebih spesifik.

Dari sekian banyak jenis peralatan kitchen equipment, setiap equipment tentu memiliki fungsi atau kegunaannya masing-masing.

Tujuan utamanya tentu adalah agar menghasilkan masakan yang khas yang kaya akan kualitas dalam setiap masakan.

Fungsi Kitchen Equipment

Pengertian Kitchen Equipment, Fungsi dan Jenisnya
https://www.mrkitchen.co.id/

Adapun fungsi dari kitchen equipment itu sendiri adalah suatu peralatan yang dapat digunakan sebagai tempat untuk menaruh peralatan memasak, menyimpan bahan baku makanan baik makanan mentah maupun makanan jadi, serta sebagai tempat mengerjakan suatu kegiatan masak memasak.

Perlu kita ketahui dan perhatikan, bahwa harus selalu menggunakan kitchen equipment yang berkomponen baja seperti baja hitam, stainless steel ataupun alumunium.

Jenis jenis Kitchen Equipment

Pengertian Kitchen Equipment, Fungsi dan Jenisnya
https://niyis.co.uk/

Dari sekian banyak manfaat dan fungsinya sebagai pelengkap peralatan dapur restoran, hotel maupun catering, berikut ini adalah macam – macam jenis kitchen equipment yang paling umum kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari, antara lain dalah :

1. Kompor Rumahan

Kompor rumahan atau yang di kenal dengan sebutan stove merupakan komponen yang paling utama dalam perlengkapan kitchen equipment ini. Kompor tentu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Seperti yang kita ketahui, pada awalnya manusia hanya menggunakan api natural untuk memasak makanan yang mereka konsumsi.

Kompor tersebut terlihat seperti sebuah perapian besar, dengan kayu bakar yang di gunakan sebagai bahan bakar utama. Perkembangan teknologi tentu menciptakan kompor dengan cara yang lebih modern yaitu dengan bahan bakar gas.

bahkan dan saat ini, telah marak sekali digunakannya kompor listrik yang secara umum jauh lebih aman digunakan.

Fungsi kompor sendiri pada umumnya adalah tempat untuk memasak dan untuk mengolah bahan makanan mentah menjadi makanan jadi dengan menggunakan api yang tersulut dari sumber kompor atau bahan bakar tertentu.

Kompor modern terdiri dari dua hingga empat buah burner atau perapian.

2. Meat Slicer & Grinder

Meat Sicer and Grinder merupakan peralatan yang digunakan untuk menggiling serta menghancurkan daging atau meat grinder dan memotong atau mengiris daging atau meat slicer.

Meat grinder ini biasanya digunakan untuk menghaluskkan daging hingga biasanya digunakan untuk membuat bakso, beef dan lain sebagainya.

Dan meat slicer merupakan peralatan yang di gunakan untuk memotong suatu objek seperti daging, sayur ataupun roti yang menghasilkan ketebalan yang sama dan presisi.

Bahan bakar dari tenaga ini adalah dengan menggunakan listrik.

3. Rice Cooker

Siapa yang tidak tau dengan alat kitchen equipment yang satu ini. Rice Cooker merupakan alat atau tempat menanak nasi yang sangat efisien yang biasanya sering kali masyarakat umum menggunakan kitchen equipment jenis ini.

Rice cooker sendiri tentu memiliki berbaai jenis dan bentuknya pun beragam.

Serta tersedia dalam ukuran sedang maupun besar yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan kita masing – masing.

4. Oven

Oven merupakan jenis kitchen equipment yang pada umumnya di gunakan untuk memanggang suatu makanan yang biasanya bahan makanan mentah dengan suhu dan waktu yang dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan.

Fungsi oven sendiri ialah dapat di gunakan sebagai pemanggang makanan seperti kue, roti, daging, lasagna, dan lain sebagainya.

Di dalam dapur rumahan, biasanya oven tersedia dalam bentuk layaknya sebuah lemari persegi panjang kecil dengan pintu transparan. Dengan alat-alat putar di samping untuk mengatur suhu dan waktu yang kita perlukan.

5. Deep Fryer

Fryer atau deep fryer merupakan salah satu jenis kitchen equipment yang biasanya digunakan untuk menggoreng segala kebutuhan masakan.

Masakan yang di masak dengan menggunakan alat ini biasanya makanan yang diharuskan untuk digoreng matang hingga keseluruhan termasuk dalamnya.

Penggunaan alat ini biasanya digunakan untuk menggoreng ayam, kentang dan lain sebagainya.

Deep Fryer merupakan sebuah istilah suatu produk yang menggoreng makanan apapun itu akan tenggelam hingga kedalam, dengan begitu akan menghasilkan gorengan dengan tingkat kematangan yang merata hingga ke dalam.

6. Work Table

Work Table atau yang biasa kita kenal dengan sebutan meja kerja ini tidak hanya pekerja kantoran saja yang membutuhkannya,

melainkan kegiatan dapur juga tentu memerlukan sebuah meja kerja untuk melaksanakan berbagai aktivitas seperti halnya memotong, menguleni adonan, dan pastinya berbagai macam kegiatan lainnya.

Pada dapur rumahan, biasanya tuan rumah akan memilih material work table dengan penampilan dan kualitas yang menarik, hal itu disebut dengan suatu kreatifitas dalam seni interior dalam ruang dapur.

Akan tetapi, di dalam sebuah dapur industrial, kualitan dan ketahanan merupakan menjadi hal yang paling utama dalam memilih meja kerja atau work table.

Work table datau meja kerja memiliki banyak fungsi yang biasanya di gunakan pada kegiatan dan aktifitas di dapur. Work table atau meja kerja dapat juga di gunakan untuk menyiapkan berbagai macam jenis makanan maupun sebagai tempat untuk mempersiapkan adonan atau bahan mentah untuk membuah kue.

Dapat juga di gunakan untuk  meracik, memotong dan mengiris dan juga sebagai meja saji pada sepiring hidangan. Work table atau meja kerja yang biasanya menjadi pilihan terbaik untuk sebuah usaha makanan adalah jenis work table stainless.

7. Lemari Penyimpanan

Dalam sebuah dapur haruslah di lengkapi dengan sebuah lemari penyimpanan. Karena lemari penyimpanan merupakan kitchen equipment yang memiliki kegunaakn yang penting sebagai keperluan di dapur.

Lemari penyimpanan dapat di bedakan menjadi dua jenis, yaitu lemari penyimpanan pada dinding dan lemari penyimpanan pada meja. Lemari penyimpanan meja berbentuk seperti sebuah meja, akan tetapi bagian bawahnya terdapat suatu tempat yang dapat di jadikan sebagai tempat penyimpanan makanan.

Sedangkan lemari penyimpanan pada dinding merupakan lemari penyimpanan yang berada pada dinding dan biasanya langsung tertempel di atas dinding pada area dapur.

Lemari penyimpanan pada meja dan lemari penyimpanan pada dinding pada umumnya keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai tempat penyimpanan bahan makanan baik makana belum jadi maupun peralatan memasak.

Dengan adanya lemari penyimpanan ini, tentunya membuat membuat dapur kita terlihat lebih rapi.

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *