Jenis - jenis sandwich
https://www.tribunnews.com/

Apa itu sandwich? Kenali manfaat dan jenisnya

Sandwich biasa di kenal dengan sebutan roti isi merupakan jenis makanan yang biasanya di santap ketika sarapan. Membuat sandwich sangatlah mudah, bahkan bahan-bahannya tergolong sederhana dan mudah sekali untuk kita dapatkan.

Dalam setumpuk sandwich terdapat paduan roti tawar dengan bahan pelengkap lain yang berfungsi untuk melengkapi gizi dan protein.

Sandwich pada umumnya terdiri dari susunan sayuran, daging, telur, keju dan di tumpuk dengan roti di atas dan bawahnya.

Paduan roti dan beberapa pelengkap ini membuat roti isi ini menjadi sajian yang komplit kaya akan nutrisi. Sandwich ini sangatlah cocok untuk kalian yang kerap sekali membawa bekal ke sekolah, kampus maupun ke tempat kerja.

Sandwich memiliki komposisi makanan yang sehat di dalamnya sehingga sangat baik jika di konsumsi setiap hari khususnya jika tidak terlalu merasa lapar.

Adapun manfaat dang Fungsi sandwich antara lain adalah sebagai berikut:

  • Food inside atau biasa di sebut dengan food edibel casing.
  • Dapat di jadikan sebagai menu sarapan atau breakfast, dan sangat mudah disajikan dengan nilai gizi yang cukup lengkap.
  • Menu brunch.
  • Sebagai cemilan atau selingan makanan.
  • Menu makan siang atau lunch, penyajiannya mudah, mengandung gizi dan nutrisi serta tersedia dalam banyak varian.
  • Dapat di jadikan sebagai bekal makanan, sangat mudah untuk disajikan dan dibawa, karena ringan serta praktis.

Menu yang di buat dan di jadikan menjadi satu kesatuan hidangan yang disebut dengan sandwich, tentu saja ada kompisisi yang tersusun di dalamnya. Secara umum komposisi sandwich terdiri atas roti, olesan, isian dan hiasan.

Komposisi Sandwich

Apa itu sandwich? Kenali fungsi dan jenisnya
https://www.qraved.com/

Berikut ulasan komposisi yang di gunakan untuk membuat sandwich, antara lain adalah sebagai berikut

1. Roti

Roti adalah atau bread merupakan bahan sandwich dengan komposisi utama yang wajib ada, untuk jenis roti yang dipakai disebut “sandwich bread”.

Jadi roti yang biasanya di gunakan untuk membuat sandwich tersebut biasanya berbentuk segi empat dan jenisnya bisa toast bread, french bread, hotdog bun, maupun hamberger.

Akan tetapi setiap jenis roti tersebut tentu memiliki ketentuan agar dapat digunakan sebagai bahan sandwich.

2. Olesan

Olesan atau biasa di sebut dengan spread merupakan bahan perasa sekaligus di gunakan sebagai perekat yang pada sandwich.

Tekstur olesan pada sandwich tersebut  umumnya bisa sangat kental ataupun lembek, akan tetapi tidak boleh terlalu cair atau basah karena pastinya dapat merusak komponen lain di dalamnya.

Contoh olesan atau spread yang biasanya di gunakan sebagai komposisi sandwich adalah seperti mentega, mayonaise atau butter.

3. Isian

Isian atau biasa di sebut dengan Filling adalah komposisi yang akan diletakkan di tengah roti sekaligus sebagai indentitas dari jenis sandwich itu sendiri.

Misalkan sandwich daging, maka filling atau isian di dalamnya terdapat olahan daging, begitu juga kalau isian di dalamnya sayur, ayam maupun keju.

Filling atau isian ini tentunya bersifat opsional dan sesuai dengan selera masing – masing.

4. Hiasan

Hiasan pada sandwich biasa kita sebut dengan garnish. Fungsi hiasan atau gasnish adalah sebagai hiasan pada sandwich untuk semakin mempercantik dan menarik tampilannya.

Dengan demikian, hiasan atau garnish ini juga harus dapat di gunakan untuk menambah rasa serta kandungan gizi di dalamnya.

Orang yang mengkonsumsi sandwich tentu akan menambah selera dan menambah nafsu ketika melihat hiasan atau garnish yang terdapat pada sandwich tersebut.

Jenis Jenis sandwich

Apa itu sandwich? Kenali fungsi dan jenisnya
https://www.cookin.id/

Adapun beberapa jenis – jenis sandwich yang perlu kita ketahui, antara lain adalah :

1. Club Sandwich

Club sandwich adalah sebutan untuk roti lapis klub. Sandwich jenis ini roti yang di gunakan adalah roti lapis yang sesekali di panggang dengan irisan ayam matang ataupun daging yang di goring, selada, tomat serta mayonais.

Club sandwich ini sebelum di konsumsi biasanya di potong menjadi 4 bagian dan di satukan oleh sebuah tusukan. Adapun club sandwich yang kini sudah banyak dalam versi modernnya, yaitu kerap di sajikan dengan dua lapisan yang kemudian di pisahkan dengan sepotong roti tambahan.

Club sandwich ini biasanya di hidangkan dengan selembaran daun salada segar dan sering kali di beri hiasan dengan acar.

2. Muffuletta Sandwich

Sandwich jenis muffuletta merupakan jenis roti bundar khas sisilia dengan terdappat taburan wijen. Muffuletta adalah salah satu hidangan roti lapis yang tergolong cukup populer di kalangan Imigran Italia di New Orleans, Loisiana, Amerika Serikat dengan menggunakan roti yang sama.

Muffuletta sandwich memiliki bentuk dengan roti besar, bundar, dan agak rata dengan memiliki tekstur yang kokoh. Roti yang digunakan untuk muffuletta berbeda dari focaccia karena tekstur roti yang sangat ringan, bagian luarnya renyah, dan bagian dalamnya lembut.

Sandwich jenis ini tidak ada bumbu tambahan yang dimasukkan ke dalamnya, selain dari biji wijen. Rotinya lebih condong seperti baguette, tetapi sedikit lebih berat. Ini paling mirip dengan resep adonan Italia. Adonan Italia termasuk tepung, air, telur, minyak zaitun, ragi, garam, dan gula. Baguette terbuat dari tepung, air, ragi dan garam.

3. Tramezzino

Tramezzino sandwich merupakan roti lapis berasal dari Italia dengan memiliki potongan yang segitiga dan di buat menggunakan dua roti putih yang lembut tanpa pinggiran roti yang keras.

Tramezzino sandwich  adalah roti lapis yang cukup populer sebagai cemilan dengan harga yang sangat terjangkau dan  tersedia di banyak bar Italia sepanjang hari.

Bahan isian yang populer biasa di gunakan adalah tuna, zaitun dan prosciutto, tetapi banyak isian lainnya juga dapat digunakan.

4. Smorgastarta

Smorgastarta Sandwich adalah jenis sandwich khas Swedia. Sandwich ini tidak dihidangkan seperti sandwich pada umumnya, melainkan disusun hingga menyerupai kue.

Kue yang di maksudkan pada sandwich ini adalah kue yang terdiri dari lapisan roti gandum atau rye yang diisi dengan salad, telur, salmon asap, serta udang.

Kemudian secara keseluruhan akan dilapisi dengan frosting yang terbuat dari sour cream dan juga diberi hiasan.

5. Bacon Lettuce and Tomato Sandwich (BLT Sandwich)

Bacon Lettuce and Tomato Sandwich atau BLT adalah salah satu jenis sandwich dengan roti lapis bacon. sendiri merupakan singkatan dari Bacon Lettuce and Tomato Sandwich yang artinya adalah bakon, salada dan tomat.

Sesuai dengan namanya, bahan utama roti lapis ini adalah roti, bakon, selada, dan tomat.

6. Open Sandwich

Open sandwich ini merupakan salah satu jenis sandwich yang sangat terkenal di berbagai negara Eropa seperti Austria, Polandia, Jerman, dan Belanda.

Open sandwich ini berbeda dengan sandwich pada umumnya yang biasanya terdiri dari dua tungkup roti. Sandwich jenis ini terdiri hanya 1 tangkup roti saja yang kemudian bagian atasnya di berik toping aneka macam sayuran, ayam, daging ataupun keju dan salmon.

7. Panini

Panini sandwich merupakan sandwich yang berasal dari Italia. Sandwich ini terbuat dari potongan roti yang di potong secara horizontal dan kemudian di isi dengan menggunakna daging asap, ham, dan keju mozzarella dan kemudian di panggang.

Roti yang biasanya di gunakan dalam sandwich ini adalah roti ciabatta, rosetta, atau baguette.

8. Pocket Sandwich

Pocket Sandwich merupakan sandwich yang berbentuk kantung. Pocket sandwich dapat di buat dari roti pita atau jenis roti lain yang bisa dibuat model kantung.

Isian pada pocket sandwich ini biasanya daging, ayam atau isian lain yang dimasak sebelumnya.

Berdasarkan suhu saat penyajiannya, sandwich di bedakan menjadi dua, yaitu :

  • Hot Sandwich

Hot sandwich merupakan Sandwich yang dibuat dan disajikan dalam kondisi panas, sebab pada umumnya hot sandwich ini melalui proses pemanggangan.

Beberapa contohnya adalah steam sandwich, hot turkey, cheddar cheese sandwich, hamburger hingga hot dog.

  • Cold Sandwich

Cold Sandwich merupakan sandwich yang dibuat dan dihidangkan saat temperaturnya 15 atau 35 0C. Bahan baku sandwich ini dimasak terlebih dahulu. lalu kemudian didinginkan sebelum diolah lagi menjadi sandwich.

Sandwich ini dapat disajikan dalam keadaan sudah dipotong menjadi beberapa bagian, biasanya 2 bagian, 3 hingga 4 bagian.

Beberapa contoh cold sandwich adalah open sandwich, rolled sandwich, simple or double sandwich open, club sandwich dan meatloaf sandwich.

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *