Jenis Pelayanan Restoran
https://lifestyle.okezone.com/

Jenis – jenis Pelayanan Restoran

Restoran merupakan suatu tempat yang menyediakan makanan dan minuman untuk dapat di konsumsi para pengunjung sebagai kebutuhan dalam rangka memperbaiki dan memulihkan kembali kondisi tubuh yang kurang fit setelah melakukan aktifitas atau melakukan suatu kegiatan.

Kunci utama kesuksesan pada sebuah restoran adalah pelayanan. Pelayanan yang baik akan membuat pelanggan merasa nyaman.

Maka dari itu tidak asing lagi di telinga kita dengan istilah tamu adalah raja. Jika masakan yang kita hidangkan lezat tetapi apabila pelayanan dari sambutan, pemesanan dan penyajian kurang baik maka pelanggan tidak akan merasa nyaman dan tidak akan kembali lagi ke restoran kita.

Pelayanan yang di terapkan pada setiap restoran tentu memiliki karakter dengan ciri khas masing – masing, dan biasanya di pengaruhi oleh budaya Negara tertentu.

Misalnya Amerika, Prancis, Rusia maupun Italia. Pelanggan yang telah merasa puas akan berbeda dengan perilaku dari pelanggan yang merasa tidak puas.

Ciri-ciri dari konsumen yang telah merasa puas yaitu sebagai berikut:

1. Loyal terhadap makanan atau minuman yang di sajikan.

2. Adanya berita dan komunikasi mengenai restoran yang bersifat positif.

3. Restoran menjadi pertimbangan utama bagi para tamu.

Terdapat berbagai jenis pelayanan restoran yang dapat membuat tamu menjadi pelanggan tetap, tentunya di sesuaikan dengan kebutuhan para pengunjung tersebut.

Berikut di bawah ini merupakan jenis – jenis pelayanan restoran dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik, di antara nya adalah sebagai berikut :

1. Table Service

Jenis - jenis Pelayanan Restoran
https://www.hospitality-school.com/

Jenis pelayanan yang pertama ada Table service, yang merupakan jenis pelayanan restoran para pelayan mempersilahkan para tamu untuk duduk dan memesan hidangan.

Para pelayan kemudian menyajikan hidangan yang telah di pesan tersebut ke hadapan para tamu. Seorang pelayan harus memiliki kemampuan mengingat dari setiap pesanan para pengunjung ketika melakukan table service.

Hal ini bertujuan supaya setiap hidangan yang akan di sajikan kepada para pengunjung sesuai dengan pesanan yang di minta masing – masing.

Layanan table service tersebut dapat dibedakan ke dalam empat golongan, yaitu:

  • American Service

Jenis pelayanan American service merupakan jenis pelayanan yang praktis dan cepat di mana makanan telah ditata langsung dari dapur dan pelayan hanya perlu mengantarkannya ke meja pengunjung.

  • French Service

Jenis pelayanan French service merupakan jenis pelayanan yang bersifat formal dan eksklusif , karena chef harus menyiapkan makanan secara langsung di hadapan para tamu.

  • English Service

English Service adalah jenis pelayanan keluarga. Di sebut dengan pelayanan keluarga, karena para pelayan akan mengantarkan makanan ke meja pelanggan, kemudian tuan rumah akan berkontribusi untuk menyiapkan dan membagikan hidangan ke para pelanggan lainnya.

  • Russian Service

Russian Service adalah jenis pelayanan yang hamper mirip dengan pelayanan French service, akan tetapi jenis pelayanan ini bersifat lebih cepat dan murah.

Hidangan pada pelayanan Russian service telah di siapkan dari dapur sehingga hanya di perlukan satu pelayan saja untuk menyajikannya.

2. Buffet atau Self Service

Buffet atau Self Service ini sering dikenal dengan istilah prasmanan. Buffet atau self service merupakan jenis pelayanan yang sangat praktis dan cepat.

Pada pelayanan Buffet ini, semua hidangan telah di susun dan di atur di atas meja. Para tamu di persilahkan untuk memilih makanan yang mereka inginkan sesuai dengan selera masing – masing.

Pelayanan jenis Buffet ini sangatlah cocok untuk di gunakan dalam berbagai acara seperti acara pernikahan.

3. Counter Service

Counter service atau yang juga dikenal dengan cafetaria service merupakan tipe layanan yang praktis, cepat, dan hemat energi.

Pada pelayanan jenis ini, para tamu dapat memesan dan mengambil pesanan pada counter dan membayar pesanan di counter. Pelayanan jenis ini biasanya kita temukan pada restoran cepat saji.

4. Take Away Service

Take away atau carry out service merupakan suatu jenis pelayanan yang di lakukan pelanggan untuk membawa pulang pesanan mereka.

Pelanggan membeli makanan yang telah di siapkan, lalu di bungkus dan kemudian mereka akan mengkonsumsinya di luar arean restoran.

5. Room Service

Jenis layanan room service ini sering kali kita temukan di suatu tempat penginapan yang memiliki restoring di dalamnya. Contohnya adalah hotel, resor maupun villa.

Jenis pelayanan room service ini biasanya para pelayan mengantarkan makanan secara langsung ke kamar para tamu yang pada umumnya di sajikan dengan nampan.

Akan tetapi, untuk hidangan utamam biasanya di bawa dengan menggunakan troli.

6. Gueridon Service

Gueridon service merupakan jenis pelayanan dengan hidangan yang terlebih dahulu telah di masak setengah matang di dapur dan kemudian para pelayan akan melanjutkan memasakn makanan tersebut di hadapan para tamu dengan menggunakan troli dan peralatan masak.

Pelayanan jenis Gueridon service ini tentu harus memiliki keahlian yang khusus, karena dengan aksi memasak yang di tampilkan di hadapan para tamu ini pastinya akan menghibur para tamu.

 7. Ethnic Service

Ethnic service merupakan jenis pelayanan yang biasanya di kelompokkan ke dalam tata cara pelayanan ala beragam suku – suku yang terdapat di Indonesia. Contohnya Suku Padang, Suku Jawa, Suku Ambon.

Hal – hal yang harus di perhatikan ketika memberikan pelayanan kepada para pelanggan restoran, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Memberikan pelayanan yang menarik sesuai tipe restoran
  • Memberikan pelayanan yang baik saat menyajikan makanan ke meja para pelanggan.
  • Memberikan interaksi yang baik guna membuat para pelanggan merasa nyaman.
  • Menjaga komunikasi dengan baik pada area dapur
  • Memberikan penjelasan makanan kepada para tamu dengan cara yang menarik
  • Menjaga kebersihan makanan
  • Berikan nilai lebih kepada para pelanggan
  • Memberikan pelayanan restoran yang baik
  • Sopan kepada para pelanggan
  • Pastikan menu yang datang kepada para pelanggan harus tepat waktu
  • Berikan kesan yang baik kepada para pelanggan
Jenis Pelayanan restoran
https://www.brosispku.com/

Ada beberapa tipe prasmanan yang wajib kalian ketahui, di antara nya adalah sebagai berikut :

  • Tipe Stasiun Prasmanan

Tipe prasmanan yang pertama adalah Stasiun Prasmanan. Tipe prasmanan jenis ini adalah maknaan yang di tempatkan di meja dan telah di kelompokkan berdasarkan masakan atau tema tertentu.

Pada bagian ujung atau pinggir meja biasanya juga di sediakan untuk menempatkan piring kotor sebelum di bersihkan para pelayan.

  • Tipe Prasmanan Modifikasi Mewah

Tipe prasmanan modifikasi mewah adalah jenis prasmanan meja yang biasanya hidangannya terdapat dalam barisan prasmanan dan di susun dengan peralatan makanan, smentara itu para pelayan akan mengambilkan minuman, kopi, atau makanan penutup.

  • Tipe Prasmanan Mewah

Tipe pelayanan prasmanan mewah ini adalah jenis pelayanan yang para pelayannya melayani makanan pembuka seperti salad, sup, minuman bahkan hidangan penutup.

Untuk makanan utama dalam jenis pelayanan ini tetap berada pada barisan prasmanan.

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *