Business To Customer (B2C) Marketing | Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan
freepik.com

Business To Customer (B2C) Marketing | Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Business to customer atau yang biasa disingkat dengan B2C sebenarnya adalah jenis bisnis yang paling populer baik berlaku untuk penjualan produk maupun jasa layanan. Jiks B2B adalah kerjasama yang dibangun antara dua perusahaan, B2C adalah bisnis yang dibangun antara perusahaan dan customer.

Kamu pasti sebenarnya sudah pernah bersinggungan dengan perusahaan yang menerapkan sistem B2C ini. Hanya saja kamu tidak sadar dan mengeterti kalau perusahaan tersebut menjalankan sistem B2C.

Lalu apa itu sebenarnya B2C yang banya di pakai sistemnya oleh perusahaan-perusahaan pada umumnya? Untuk kamu yang ingin mengatahui lebih jauh mengenai apa itu business to customor marketing, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu sebenarnya B2C?

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu sebenarnya sudah sering betransaksi dengan perusahaan yang menerapkan sistem B2C ini. Misalnya, kamu membeli barang di mall. Saat itulah kamu telah bertransaksi dengan perusahaan B2C ini.

B2C bisa diartikan sebagai bisnis yang melakukan proses penjualan barang atau jasa layanan kepada customor secara langsung. Maksudnya adalah produk atau jasa layanan dari perusahaan bisnis tersebut langsung sampai ke pengguna terakhir.

Perusahaan B2C ini tidak lagi menggunakan perantara yang bisa menghubungkan antara customor dengan perusahaan. Perusahaan akan langsung memberikan produk atau jasa layanannya kepada customor secara langsung.

Sistem B2C sebenarnya sudah berkembang sangat lama. Seiring berjalannya waktu, ia hanya mengalami perkembangan karena B2C kemudian berlangsung juga diterapkan di bisnis online.

Perusahaan atau toko online sekarang umumnya juga menggunakan sistem B2C ini. Bisnis UMKM pun mulai banyak bertransfomasi ke bisnis online lewat e-commerc. Mereka semua menerapkan sistem B2C ini di bisnis onlinenya pula.

Contoh-contoh dari perusahaan yang menerpakan B2C ini misalnya toko pakaian, jasa laundry, toko kosmetik, jasa cuci mobil dan motor, dan masih banyak lagi. B2C ini jumlahnya relatif lebih banyak dibandingkan perusahaan yang mejual produk atau jasanya ke sesama perusahaan (B2B).

Perusahaan yang menerapkan sistem B2C ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan B2C

Bisnis B2C memiliki kelebihan diantaranya sebagai berikut:

Penjual dan pembeli dapat berinteraksi secara langsung

Dengan saling berinteraksi secara langsung, penjual dan pembeli bisa sama-sama mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan. Mereka juga bisa saling berinteraksi lebih apabila ada hal-hal perlu disepakati diluar yang sudah ditentukan.

Perusahaan berlomba-lomba untuk memberikan produk dan jasa layanan terbaiknya

Karena banyaknya perusahaan yang menjalankan sistem B2C ini, banyak pesaing yang akan membuat masing-masing perusahaan menyiapkan poduk dan layanan terbaiknya.

Informasi database

Database ini akan sangat bermanfaat untuk menyusun strategi marketing selanjutnya agar semakin efektif dalam memasarkan produk.

Biaya efisien

Perusahaan B2C dengan sistem online membuat perusahaan ini menghemat biaya. Ia tidak perlu menyewa tempat untuk menjual produk tersebut secara langsung.

Memiliki jangkauan pasar yang sangat luas

Perusahaan B2C ini berkemungkinan untuk menjangkau pasar hingga ke luar negeri.

Kekurangan B2C

Memiliki banyak kompetitor

Para pemilik bisnis harus pintar-pintar dalam membuat strategi agar tetap bisa membuat produk atau jasa layanannya eksis.

Jaminan keamanan yang lemah

Hal ini berlaku di bisnis online. Tidak ada jaminan setiap produk sesuai dengan tampilannya.

Membutuhkan infrastruktur lebih

Pelaku bisnis harus memikirkan bagaimana barang tersebut bisa sampai ke konsumen, memikirkan cara pengirimannya, dll.

Itu dia informasi mengenai business to customor marketing dan kelebihan serta kekurangan yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Check Also

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Sebagian besar pengguna internet adalah pemilik smartphone. Layanan web juga banyak dijalankan melalui ponsel, baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *