Biaya Per Lead dalam Marketing dan Cara Menghitungnya
impactplus.com

Biaya Per Lead dalam Marketing dan Cara Menghitungnya

Salah satu dampak dari berkembangnya teknologi informasi adalah semakin mempermudah aktivitas manusia.

Secara spesifik perkembangan teknologi memberikan dampak terhadap dunia periklanan online untuk pemasaran.

Perusahaan-perusahaan pengembang website mulai terus berinovasi untuk membuat website menjadi sangat efektif untuk tujuan pemasaran sebuah bisnis.

Apa lagi hari ini digital marketing dan periklanan online adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Orang-orang kini tidak lagi menggunakan gaya periklanan konvensional, melainkan semua serba online.

Hal tersebut seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet yang semakin hari semakin meningkat angkanya.

Bagi kamu yang sudah pernah berkecimung di dunia bisnis online pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tentang periklanan online. Namun, bagi orang awam pasti hal tersebut masih sangatlah asing.

Pada artikel kali ini kita akan secara khusus membahasa tentang biaya perlead dalam marketing. Apa itu? Simak selengkapnya penjelasan berikut ini.

Apa Itu Biaya Perlead dalam Marketing?

Biaya perlead atau yang biasa juga disebut cost perlead adalah salah satu model penetapan harga sebuah iklan yang ditentukan dengan membayar harga dari setiap lead (prospek) yang berhasil dihasilkan.

Tujuan mengetahui biaya perlead adalah supaya pemiliki bisnis mengetahui berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan prospek baru.

Ia juga akan mengetahui seberapa efektifkah kampanye yang sudah berjalan terhadap setiap lead yang dihasilkan untuk produk atau jasa layanan yang ditawarkan.

Selain itu, biaya perlead ini juga akan dipergunakan untuk menghitung ROI (biaya pengembalian investasi) yang berasal dari iklan yang sudah dipasang.

Misalnya, bisnis kamu telah mengeluarkan biaya untuk memasang iklan sebesar 5.000.000. Total lead atau prospek kamu berjumlah 10.000 saja. Maka biaya perlead yang harus kamu bayarkan berjumlah 500.000.

Angka tersebut diperoleh dari harga iklan dibagi dengan total lead yang ada. Jika dijadikan rumus menghitung biaya perlead adalah:

CPL= total biaya perklik/total lead (prospek)

Biaya perlead digunakan agar kamu hanya dibebankan membayar ketika ada pelanggan yang melakukan konversi saja, tidak bergantung pada berapapun jumlah impresi dan kliknya. Ibarat kata, uang yang sudah kamu gunakan tetap terjamin kegunannya.

Alasan-Alasan Kenapa Bisnis Tersebut Menggunakan Biaya Perlead

  • Biaya perlead ini biasanya digunakan oleh bisnis online yang masih sedang merintis email listnya. Selain itu, ia juga sedang melakukan strategi marketing dengan melakukakan akuisisi pelanggan atau mempromosikan banyak gift away.
  • Beberapa binsnis online menggunakan biaya perlead karena ingin terhubung dengan pelanggan-pelanggan yang memiliki antusiasme tinggi terhadap produk atau jasa layanan yang ditawarkan. Ia menjadi penting karena pelanggan dengan karakter tersebut berpotensi untuk melakukan pembelian lebih dari satu kali. Bahkan kalau pelanggan sudah loyal, ia akan membantu mempromosikan produk atau jasa layanan tersebut kepada orang lain.
  • Biaya perlead atau cost perlead lebih banyak dipilih karena perusahaan bisnis tersebut memiliki penguasaan penuh terhadap brand tesebut dalam semua strategi pemasaran yang dilakukan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya hal lain yang menyalah tafsirkan perusahaan bisnis tersebut.

Itulah tadi pembahasan yang bisa disampaikan mengenai apa itu yang dimaksud biaya perlead dalam marketing.

Cara tersebut bisa dikembangkan agar bisnis yang sedang kamu jalankan berhasil berkembang.

Terus pelajari konsep-konsep digital marketing yang lain agar tidak tertinggal dengan bisnis-bisnis yang lain. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat!

Check Also

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Sebagian besar pengguna internet adalah pemilik smartphone. Layanan web juga banyak dijalankan melalui ponsel, baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *