Bartender adalah
https://www.detik.com/

Pengertian Bartender & Tugasnya

Apabila kalian berkunjung ke hotel, restoran ataupun bar, tentu kalian pernah melihat seseorang yang sedang meracik minuman di belakang meja bar. Pekerjaan ini memang terlihat sangat menarik, khususnya untuk kalian yang senang mencari informasi mengenai minuman.

Pekerjaan ini di sebut juga dengan bartender. Akan tetapi, bartender harus memiliki kemampuan atau skill tertentu dan pastinya tidak semua orang dapat melakukannya.

Sebelum kalian memutuskan untuk menjadi seorang bartender, alangkah baiknya jika kalian mengetahui lebih dulu pengertian, tugas dan tanggung jawab serta skill yang wajib di miliki oleh seorang bartender.

Bartender merupakan orang yang ahli dalam meracik dan membuat minuman di bar serta selalu senantiasa menciptakan resep – resep minuman yang baru.

Ketika membuat resep yang baru, tentu bartender harus memperkirakan harga jual yang cocok untuk minuman baru tersebut.

Untuk menarik pelanggan, tentu seorang bartender akan menampilkan cara ia meracik minuman dengan gaya yang menarik.

Aksi bartender dalam meracik minuman ini tentu akan menjadi hiburan bagi para pembeli dan akan membuat mereka menjadi pelanggan yang setia di bar tersebut.

Seseorang yang bekerja sebagai bartender merupakan staff atau pegawai dari usaha bar tersebut. Untuk bekerja di sana, tentunya seorang bartender telah menjalani pelatihan khusus ataupun sekolah perhotelan.

Orang yang bekerja sebagai bartender pada umumnya selalu berinteraksi kepada banyak orang setiap hatinya dan pastinya dengan orang yang berbeda – beda dan beragam.

Adapun selain bartender, orang yang meracik minuman juga di kenal sebagai Mixologyst. Akan tetapi bedanya kalau mixologyst adalah orang yang suka menciptakan minuman tersebut lengkap beserta cerita, sejarah dan filosofinya.

Kalau bartender ialah orang yang menghidangkan minuman dengan resep – resep yang telah ada meskipun rrsep tersebut adalah karya seorang Mixologyst.

Bartender merupakan profesi yang bisa kalian dukung dalam memilih karir dalam dunia internasional. Bahkan tak jarang seorang bartender asal Indonesia bekerja di beberapa restoran bar ternama yang terdapat di luar negri.

Menjadi seorang bartender bukan hanya dapat menyajikan minuman yang beralkoho, akan tetapi ada pula jenis – jenis minuman non alcohol dengan komposisi yang hamper mirip dengan cocktail.

Minuman semacam ini di sebut dengan mocktail.

Tugas Bartender

Pengertia Bartender & Tugasnya
https://www.detik.com/

Adapun macam – macam tugas dari seorang bartender selain membuat minuman, antara lain yaitu :

1. Menyajikan Minuman

Bartender pada umumnya meracik langsung minuman di depan meja bar, jadi apabila mereka akan menyajikan minuman tersebut pada tamu, maka seorang bartender harus dapat mengingat pesanan dari seorang pelanggan.

Baik itu minuman beralkohol maupun nol alcohol. Seorang bartender tentu mempunyai aturan batas usia dan mereka harus memastikan pelanggan yang memesan minuman beralkohol sudah cukup umur untuk minum alcohol.

2. Melayani Pelanggan

Pada umumnya, seorang bartender langsung menghidangkan minuman kedapa tamu. Akan tetapi tak jarang para pelanggan mengajak interaksi kepada bartender untuk menghilangkan rasa penat.

Jadi, seorang bartender tentu harus memiliki kepribadian yang supel dan ramah.

3. Memberi Rekomendasi Menu

Sebagai seorang bartender, tentunya harus paham apa yang di inginkan oleh pelanggan serta memberikan rekomendasi kepada pelanggan mengenai menu.

Sebab tidak semua pelanggan yang dating paham dengan menu minuman beralkohol.

4. Membersihkan Bar

Seorang bartender selalu di tuntut untuk bekerja secara cepat tanggap. Namun, seorang bartender juga harus tetap menjaga kebersihan meja bar dan wajib membersihkan bar ketika bar akan beroperasi maupun setelah bar beroperasi, dan tak lupa berbagai peralatan bar harus terjaga secara steril.

Maka dari itu di tempat mereka bekerja akan selalu terjaga kebersihannya.

Skills dan Keahlian Bartender

Pengertian Bartender & Tugasnya
https://www.liputan6.com/

Ilmu menjadi seorang bartender tentu tidak dapat kita pelajari dengan waktu yang singkat. Tentu akan membutuhkan waktu yang lama jika kita belajar secara autodidak.

Maka dari itu untuk kalian yang ingin menjadi seorang bartender di sarankan untuk mengikuti pelatihan secara khusus ataupun mengambil pendidikan ke bagian perhotelan.

Adapun di bawah ini skill dan keahlian yang harus dimiliki seorang bartender, antara lain yaitu :

1. Mixology

Mixology adalah seorang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan resep – resep baru untuk meracik dan mencapurkan minuman sehingga menghasilkan rasa varian yang baru.

2. Daya Ingat Tajam

Seorang bartender juga harus memiliki kemampuan daya inat yang tajam. Mereka harus mengingat pesanan para pelanggan, serta mengingat segala macam jenis – jenis minuman beralkohol beserta racikannya.

3. Juggling atau Flairing

Skill atau kemampuan juggling flairing ini adalah skil yang tidak wajib di miliki untuk seorang bartender. Akan tetapi, skill tersebut akan menjadi nilai plus untuk seorang bartender karena dapat menghibur seorang pelanggan.

Juggling merupakan suatu keahlian dan kemampuan atraksi yang dilakukan seorang bartender dengan cara memainkan botol dan shaker, memutar, melempar, lalu menangkapnya kembali.

4. Kemampuan Komunikasi

Menjadi seorang bartender pastinya akan berhadapan langsung dengan para pelanggan. Maka dari itu, seorang bartender wajib memiliki skill dan keahlian komunikasi yang baik dan harus percaya diri, karena tak jarang seorang bartender mengharuskan member penjelasan dan rekomendasi minuman kepada para pelanggan.

5. Kemampuan Hospitality

Kemampuan Hospitality merupakan salah satu skill yang wajib di miliki seorang bartender yang melipuri keramahan, ketepatan serta keceatan ketika bartender melayani para pelanggan.

Adapun peralatan yang di gunakan oleh seorang Bartender dalam membuat minuman. Peralatan ini tentu harus terbuat dari bahan-bahan yang baik kualitasnya, mudah dibersihkan, dan tidak berkarat (Stainless).

Berikut di bawah ini adalah contoh peralatan yang biasa dipakai oleh seorang bartender didalam sebuah Bar, antara lain adalah :

1. Shaker

Shaker merupakan alat yang di gunakan untuk mengocok minuman. Shaker harus terbuat dari bahan – bahan yang berkualitas dan anti karat.

2. Shaker Mixer Combination

Shaker Mixer ini adalah alat yang di gunakan sebagai shaker atau mengocok sekaligus di lengkapi dengan gelas mixernya

3. Mixing Glass

Mixing glass berfungsi untuk membuat minuman atau mencampur dengan cara di aduk.

4. Jigger

Jigger adalah alat yang di gunakan untuk mengukur minuman, Jigger ada yang terbuat dari metal dan ada pula yang terbuat dari gelas.

5. Strainer

Strainer ialah alat yang berfungsi sebagai penyaring minuman.

6. Fruit Knife

Fruit Knife ialah suatu alat yang biasa digunakan untuk memotong buah-buahan

7. Long Bar Spoon

Long bar spoon adalah sebutan untuk Sendok Bar yang berbentuk panjang dan biasanya di gunakan untuk mengaduk minuman.

8. Can And Bottle Opener

Can and Bottle Opener merupakan salah satu alat yang berfungsi sebagai pembuka tutup botol serta melubangi kaleng.

9. Cork Screw Atau Wine Opener

Cork Scewr atau Wine Opener merupakan suatu alat yang digunakan untuk membuka gabus penutup botol.

10. Ice Chipper

Ice chipper merupakan alat yang berfungsi sebagai pemecah es.

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *