Influencer dalam Marketing: Apa Itu dan Jenis-Jenisnya
sampoernauniversity.ac.id

Influencer dalam Marketing: Apa Itu dan Jenis-Jenisnya

Perkembangan media yang begitu pesat setiap harinya membuat keberadaan influnecer menjadi sangat penting. Influencer kini menjadi hal yang sangat menentukan dalam mengembangkan bisnis.

Berkat influncer, tidak jarang binsis tertentu mampu meningkatkan brand awarenessnya dengan efektif.

Influncer ini biasanya datang dari berbagai macam plafoarm. Umumnya adalah Instagram dan Youtube. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga sosial media lain yang tidak kalah populernya.

Influencer ini bekerjasama dengan pelaku bisnis untuk turut serta membantu meningkatkan strategi digital marketingnya.

Karena influncer tersebut dinilai bisa menarik target audiens dengan angka yang besar, ia menjadi posisi yang sangat menentukan.

Aktivitas seorang influencer di sosial media sangatlah massif. Bagaimana tidak efektif, sosial media bisa membuat orang berkomunikasi 7/24 jam secara real-time.

Tapi apa sebenarnya influencer marketing? Kenapa ia berkedudukan sangat penting? Simak penjelasannya di bawah ini yah.

Apa Itu Influencer Marketing

Sebelum mendefinisikan apa itu influencer marketing, kita akan terlebih dahulu mendefinisikan apa itu influencer. Influencer adalah orang yang punya kemampuan untuk mempengaruhi banyak orang.

Ia biasanya adalah orang yang sudah memiliki pengikut/followers, khususnya di sosial media dengan jumlah angka yang tidak sedikit.

Influencer ini tidak hanya terbatas pada artis atau selebritis saja, melainkan siapa saja yang bisa punya kekuatan besar untuk mempengaruhi khalayak banyak.

Maka dari itu siapa saja kini bisa menjadi influencer. Kalau kamu adalah salah satu orang yang cukup terkenal di sosial media dan memiliki pengikut yang banyak, kamu juga adalah seorang influencer.

Influencer marketing ini adalah orang yang bekerjasama dengan para influencer untuk berkolaborasi dalam pekerjaan memasarkan atau mempromosikan barang secara online. Ia bisa diajak berkoloborasi karena tingkat kepercayaan audiens terhadapnya yang sudah terbangun dan terlampau tinggi.

Dapat disimpulkan bahwa influencer marketing adalah orang yang berkerjasama dengan influencer untuk mempromosikan produk. Sekarang kamu sudah mengerti kan apa itu influencer marketing?

Karena influencer cukup mempunyai kemampuan mempengaruhi audiens, maka ia dipercaya untuk bisa secara spesfik melakukan pengenalan merek produk tertentu, meningkatkan kesadaran, sampai menaikan penjualan.

Biasanya seorang infuencer bisa melakukan review produk tertentu sebagai salah satu bentuk mempromosikan produk di sosial media.

Selain terus membangun reputasi dengan pengikutnya, influencer juga biasanya membuat konten secara reguler di sosial medianya.

Mereka akan berupaya untuk membuat tren yang akan mendorong pengikutnya tersebut tertarik untuk membeli produk yang ia promosikan.

Sering berkembang waktu, influncer akhirnya punya jenis yang bermacam-macam. Ia bisanya ditentukan dari jumlah followersnya.

Jenis-Jenis Influencer

1. Mega influencer

Mega influencer ini memiliki followers sangat besar. Minimal influencer yang tergolong jenis mega ini memiliki pengikut 1 juta followers.

Biasanya yang berada pada jenis mega influencer ini adalah seorang artis, seniman, dan selebritis.

2. Macro influencer

Jenis influencer yang kedua adalah macro influencer. Ia memilki followers di bawah mega influencer, biasanya sekitar 40.000 hingga 1 juta followers.

Biasanya orang yang menempati posisi ini adalah selebritis yang belum terlalu terkenal.

3. Micro influencer

Micro influencer ini memiliki pengikut sejumlah 1.000 hingga 40.000. dengan jumlah angka followers yang masih dibawah mega dan macro ini biasanya efektivitas mempengaruhinya juga kecil.

4. Nano influencer

Nano influencer ini biasanya adalah orang yang pengikutnya sedikit, tetapi memilki keahlian di bidang tertentu.

Itu dia penjelasan mengenai influencer dalam marketing dan beberapa jenisnya. Apakah kamu cukup tertarik untuk menjadi seorang influencer?

Check Also

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Sebagian besar pengguna internet adalah pemilik smartphone. Layanan web juga banyak dijalankan melalui ponsel, baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *