Arti YP Dalam Jual Beli
id.quora.com

Arti YP (Yatim Piatu) Dalam Jual Beli, Biasanya Berlaku Pada Jual Beli Kendaraan

Tahukah kamu istilah YP dalam dunia jual beli online? istilah ini biasanya banyak digunakan untuk bisnis jual beli kendaraan seperti motor dan mobil yang bekas.

Kendaraan yang dijual di marketplace ini memang biasanya sangat-sangat menggiurkan. Apalagi biasanya yang terdapat di forum jual beli seperti yang ada di Facebook.

Bagaimana tidak menggiurkan, harga yang ditawarkan di marketplace tersebut suka tidak masuk akal. Ada banyak kendaraan, kebanyakan motor keluaran terbaru yang ditawarkan dengan harga sangat murah.

Nah, biasanya, disalah satu postingan jual beli kendaran seperti motor terdapat keterangan seperti “motor YP”. Lalu apa sebenarnya arti YP itu sendiri?

Arti YP dalam Jual Beli

YP ternyata adalah singkatan dari yatim piatu. Istilah ini biasanya digunakan dalam aktivitas jual beli kendaraan yang tidak memiliki surat-surat lengkap. Yatim piatu maksudnya adalah kendaraan bodong alias kendaraan yang tidak mempunyai STNK dan BPKB.

YP juga biasanya disebut dalam bahasa lain seperti SSYP, atau singkatan dari surat-surat yatim piatu. Biasanya motor-motor yang dijual seperti ini adalah motor no paper yang biasa digunakan untuk on road di jalan raya.

Dalam beberapa kasus, penjual juga secara terang-terangan menjalaskan bahwa kendaraan tersebut terjamin keamanannya karena merupakan barang tarikan dari leasing. Walaupun ada juga beberapa kasus yang penjualnya mengaku kalau surat-suratnya memang telah hilang.

Jual beli motor no paper ini memang sebenarnya melanggar aturan. Hanya saja, peredaran motor yang tidak dilengkapi dengan surat menyurat semakin tidak bisa dibendung peredarannya.

Selain YP, ada juga beberapa istilah lain seperti STNK only atau ST. Penyebutan itu digunakan untuk motor tanpa BPKB dan hanya disertai STNK saja.

Pasalnya, banyak juga loh yang menjual motor bodong dengan BPKB palsu. Pembeli bisa dengan mudah terkecoh dengan taktik busuk penjual ini. mengerikan sekali, ya.

Pertanyaan Selanjutya Adalah Apakah Membeli Kendaraan YP Ini Aman?

Apakah aman membeli motor tanpa surat-surat seperti STNK dan BPKP ini? jawabannya adalah tidak.

Memang benar, ada beberapa motor yang dijual tanpa surat. Tetapi, motor tersebut biasanya bukan untuk digunakan dijalan alias off road. Salah satu motor yang dijual tanpa surat misalnya adalah motor yang digunakan untuk balapan.

Meski beberapa penjual bilang bahwa motor tersebut aman karena merupakan motor tarikan dari leasing, namun kendaraan apapun yang tidak memiliki BPKB dan STNK tetaplah menjadi barang dengan status ilegal.

Jika kamu mendapati penjual motor yang tidak memiliki BPKB dan STNK, kamu bisa menyuruhnya untuk mengurus sendiri surat-suratnya. Meski harganya bisa menjadi lebih tinggi, kamu tetap bisa memiliki motor dengan rasa aman dan nyaman.

Jangan mau jika penjual motor tanpa surat tersebut yang menyuruh kamu untuk mengurus sendiri surat-suratnya. Hati-hati, kalau ketahuan, kamu bisa loh dituduh sebagai penadah. Konsekuensinya tidak main-main, kamu bisa dipenjara oleh polisi.

Ketika berniat membeli kendaraan bekas melalui tangan orang lain, kamu harus memperhatikan beberapa hal. Kamu harus mengecek kelengkapan suratnya, kecocokan nomor polisi dengan suratnya dan semua informasi detail motor dengan yang tertera di surat.

Membeli motor bekas memang gampang-gampang susah, ya. Maka dari itu jangan sampai salah langkah.

Itulah tadi arti dari kata YP dalam jual beli serta bagaimana konsekuensinya jika kamu membeli kendaraan YP. Ikuti terus informasi selanjutnya melalui artikel kami. Semoga membantu!

Check Also

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Sebagian besar pengguna internet adalah pemilik smartphone. Layanan web juga banyak dijalankan melalui ponsel, baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *