Arti PM Dalam Jual Beli, Perbedaan Dengan DM, Japri, Dan Wapri
pikiran-rakyat.com

Arti PM (Private Message) Dalam Jual Beli, Bedanya dengan DM, Japri, dan Wapri

Sebelumnya apakah kamu sudah mengetahui apa itu arti PM yang sebenarnya? Kata tersebut barangkali sudah sering masuk ditelingamu. Apa lagi bagi yang sudah berbelanja, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini.

Istilah PM ini ternyata bukan hanya sering digunakan di dunia jual beli saja, melainkan ini merupakan istilah percakapan whatsapp yang cukup populer. Jika kamu adalah seorang pengguna whatsapp, kamu mungkin sudah mengerti makna PM itu sendiri.

Pasalnya, meski sudah sering terdengar dimana-mana, masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu arti PM. Nyatanya, masih ada ratusan orang yang bertanya melalui quora tentang arti PM itu apa.

Tanpa basi-basi, mari kita bahas arti PM dalam jual beli.

Arti PM dalam Jual Beli

PM adalah singkatan dari Private Message yang artinya adalah pesan pribadi. Selain privat message, PM juga bisa diartikan sebagai personal message.

Meski memiliki singkatan yang berbeda, orang-orang cukup menyepakai kalau PM adalah istilah untuk menggambarkan jalur interaksi atau percakapan yang dilakukan oleh dua orang saja.

Dalam konteks jual beli, istilah PM ini maksudnya adalah pembicaraan antara penjual dan pembeli melaui obrolan personal. Tujuannya adalah untuk mengobrol secara intim berdua tentang barang atau jasa yang diperjual-belikan.

Misalnya, kamu mendapati penjual yang mempromosikan barang dagangannya di sosial media, lalu ia memberi keterangan dalam postingan tersebut dengan tulisan “untuk informasi selanjutnya lewat PM ya”.

Maksudnya adalah untuk pembeli yang berminat untuk membeli barang yang ditawarkan, ia bisa langsung menghubungi penjual melalui chat pribadi. PM ini dilakukan oleh penjual agar tidak banyak orang lain yang mengetahui informasinya,

Dalam beberapa praktiknya, penjual biasanya hanya menunjukan informasi secara general saja misalnya foto tanpa ada detail harga dan detail produk lainnya. nah, untuk itu maksud penggunaan istilah PM ini adalah untuk melanjutkan percakapan apabila ada calon pembeli yang berminta membeli barang tersebut.

Seiring berkembangnya waktu, PM juga bisa diarikan sebagai produk manager, atau istilah yang digunakan oleh seorang pengembang produk dan penyusun strategi untuk kebutuhan pengelolaan tim dan keperluang pelanggan.

Istilah PM yang bermakna produk manager ini memang belum sepopuler private massage atau personal massage. Kecuali kamu berkecimpung dalam perusahaan start up.

Lalu apakah istilah PM ini berbeda dengan istilah lain seperti DM, Jarpri dan Wapri?

PM tentu berbeda dengan DM. DM adalah percakapan pribadi yang secara khusus dilakukan melalui platfoarm instagram. Penjual dan pembeli sama-sama membicarkan mengenai produk yang sedang diperjual belikan. Hanya saja perbedaanya terletak pada media yang digunakan.

Dengan melalui DM, penjual dan pembeli bisa secara bebas berinteraksi untuk bertanya mengenai kualitas, harga, diskon, kelebihan dan kekurangan produk tanpa diketahui oleh orang lain.

Istilah selanjutnya adalah japri. Jika PM dan DM berasal dari bahasa inggris, japri berasal dari bahasa indonesia. Japri adalah singkatan dari jalur pribadi yang pada intinya memiliki pengertian yang sama dengan PM dan DM.

Begitupun dengan wapri. Wapri adalah singkatan dari Whatsapp pribadi yang pengertiannya juga sama degan PM, DM, maupun japri. Masing-masing orang bebas untuk menggunakan empat istilah ini karena memiliki makna yang sama.

Penjual dan pembeli intinya hanya perlu mengetahui istilah dalam jual beli online yang sedang berkembang agar komunikasi satu sama lain bisa berjalan dengan lancar.

Check Also

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Sebagian besar pengguna internet adalah pemilik smartphone. Layanan web juga banyak dijalankan melalui ponsel, baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *