Apa Arti Nego Dalam Jual Beli? Begini Penjelasannya!
ekrut.com

Apa Arti Nego Dalam Jual Beli? Begini Penjelasannya!

Kegiatan nego adalah kegiatan yang tidak bisa kita lepaskan. Hampir setiap hari orang berkemungkinan untuk melakukan aktivitas jual beli, betransaksi, hingga melakukan negosiasi. Kegiatan negosiasi bisa dilakukan dimana saja.

Apakah kamu sudah sering melihat istilah nego baik secara langsung maupun di internet? Istilah nego bisanya populer di dunia jual beli, apalagi toko atau bisnis online yang banyak tersebar di dunia internet. Bukalapak, misalnya, memiliki fitur nego sebagai strategi yang diterapkan di marketplacenya.

Bahkan bukan hanya di internet saja, nego juga masih eksis terjadi di pembelian barang atau jasa yang dilakukan secara langsung.

Istilah negosiasi ini biasanya kerapkali disematkan di emak-emak karena suka menawar di pasar. Tapi selain itu, apakah kamu tahu arti nego dalam jual beli? Yuk simak penjelasannya disini.

Arti Nego Dalam Jual Beli

Nego sendiri adalah singkatan dari negosiasi. Maksud dari negosiasi adalah proses tawar menawar yang dilakukan antara penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan bersama.

Negosiasi juga bisa diartikan sebagai penyelesaian sengketa yang dilakukan melalui perundingan dengan cara damai. Aktivitas negosiasi ini bisa dilakukan secara individu maupun berkelompok.

Sehingga dalam pengertian di atas, nego diartikan sebagai proses tawar menawar. Dalam beberapa kasus, proses negosiasi juga bisa melibatkan pihak ketiga. Salah satu orang yang berfungsi menjadi pihak ketiga ataupun penengah disebut negosiator.

Istilah nego dalam jual beli merujuk pada ketentuan barang yang masih bisa ditawar harganya. Seperti misalnya, kamu membeli pakaian di toko yang terdapat keterangan nego, maka kamu sebagai pembeli bisa menawar harga tersebut supaya tidak terlalu mahal. Saat proses pencarian harga yang cocok antara penjual dan pembeli itulah disebut dengan negosiasi.

Ada beberapa istilah nego yang berkemang di dunia bisnis online. salah satunya adalah nego tipis dan nego bensin.

Apa Itu Nego Tipis?

Nego tipis artinya adalah menawar harga dengan jumlah yang tidak terlalu jauh dengan harga aslinya. Maksudnya adalah pembeli hanya melakukan pengurangan harga dengan sedikit nominal saja.

Misalnya, harga asli sepatu yang dijual adalah 200 ribu, nego tipis berarti kamu bisa menawar di kisaran angka 180 atau 190 ribu saja. Tidak terlalu jauh dengan harga aslinya.

Apa Itu Nego Bensin?

Nego bensin biasanya dilakukan untuk menentukan harga bensin yang dikeluarkan untuk COD (cash on delivery).

Misalnya penjual mematok jarak 10 – 20 KM dengan harga 25 ribu. Kamu bisa melakukan negosiasi dengan menawarkan COD di lain tempat dengan harga yang lebih murah.

Istilah nego afgan juga sempat populer untuk menyebutkan aktivitas nego yang tidak boleh sampai sadis atau tidak masuk akal. Sadis sendiri diambil dari judul lagunya, sehingga istilah tersebut dinamai nego afgan.

Tidak jarang ya pembeli bisa menawar di harga yang sangat tidak masuk akal. Jika kamu seorang pembeli yang sering medapati penjual yang punya kebiasaan menawar dengan sangat sadis ini, kamu bisa meresponnya dengan istilah nego afgan.

Nah, itu dia informasi tentang apa itu arti nego dalam jual beli. Meskipun nego bisa diartikan sebagai aktivitas tawar menawar, jangan sampai negosisasi yang kamu lakukan sampai mengacam penjual untuk rugi, ya.

Semoga tulisan ini dapat membantu kamu untuk sekedar menambah pengetahuan baru seputar jual beli dan bisnis online. Nantikan artikel-artikel selanjutnya dari kami.

Check Also

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Sebagian besar pengguna internet adalah pemilik smartphone. Layanan web juga banyak dijalankan melalui ponsel, baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *