Arti Cash On Delivery (COD) Dalam Jual Beli
freepik.com

 Arti Cash On Delivery (COD) Dalam Jual Beli

Kamu sering melakukan kegiatan jual beli onlie di e-commerce? Atau, kamu banyak berhubungan dengan jasa layanan pengiriman. Kalau iya, kamu pasti tidak asing lagi dengan istilah COD. Tapi jika belum, kamu bisa jadi belum tau apa itu COD.

Lalu apa sih sebenarnya COD itu? Arti singkatnya, COD adalah salah satu cara pembayaran tunai yang dilakuka saat barang sudah diterima.

COD ini biasanya banyak dilakukan oleh pelaku bisnin online. layanan ini memang dinilai bisa sangat memudahkan pembeli terutama orang-orang yang tidak mempunyai m-banking, atau malas menunju ATM atau gerai lain untuk mengurus pembayaran.

Agar kamu semakin paham mengenai apa sih arti COD dalam jual beli ini, yuk simak penjelasan mengenai pengertian, kelebihan, hingga kekurangannya.

Apa Itu Arti COD Dalam Jual Beli?

Sebenarnya, COD pertama kali dilakukan atau diperkenalkan oleh negara-negara luar seperi Swiss, India, Australia, Amerika Seriat, dan Inggris. Perkembangan zaman ini membuat arti COD berkembang semakin luas.

COD adalah singkatan dari cash on delivery, yang artinya adalah pembayaran yang dilakukan ketika barang sudah tiba di tempat tujuan. Ibarat kata, penjual dan pembeli akan bertemu langsung di satu tempat yang telah di sepakati bersama untuk melakukan transaksi pembayaran secara langsung.

Cash On Delivery juga banyak disebut sama dengan collect on delivery yang dalam konteks bisnis secara umum diartikan sebagai kegiatan yang menunjukan bahwa barang tersebut harus dibayarkan saat pengiriman.

Ada banyak bentuk metode pembayaran. Masing-masing pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Metode Pembayaran COD

Kelebihan metode COD ini bisa dirasakan dari dua sudut pandang, yaitu antara penjual dan pembeli.

Bagi penjual, pembayaran COD adalah salah satu bentuk strategi yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan karena akan banyak sekali konsumen yang membutuhkan metode pembayaran seperti COD ini.

Sedangkan bagi pembeli, metode COD jelas mendatangkan banyak keuntungan. Dengan melakukan pembayaran saat bertemu langsung di tempat, pembeli bisa mengecek terlebih dahulu kondisi barangnya secara langsung. Kasus-kasus dalam jual beli online yang tidak diinginkan seperti adanya penipuan hingga barang yang tidak sesuai tidak akan terjadi ketika pembeli memilih metode pembayaran COD ini.

Kekurangan Metode Pembayaran COD

Selain memilki kelebihan yang banyak disukai oleh penjual sekaligus pembeli. Sistem COD ini juga memilki kekurangan. Berikut kekurangan metode pambayaran COD antara lain adalah:

Pertama, penjual bisa mengalami kerugian apabila sewaktu-waktu pembeli melakukan pembatalan pembelian. Tentu penjual sudah mengeluarkan sedikit upaya untuk menyiapkan waktu, tenaga, hingga biaya yang dikeluarkan untuk keperluan COD tersebut.

Kedua, karena sistem COD ini menggunakan uang tunai, sangat mungkin terjadi adanya pembayaran menggunakan uang palsu.

Ketiga, jangkauan layanan metode pembayaran COD ini hanya akan mudah dilakukan oleh penjual dan pembeli yang berada dalam daerah yang sama atau tidak terlalu jauh.

Keempat, pembayaran COD ini juga memungkinkan terjadi tindakan kejahatan. Bisa jadi penjual dan pembeli mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga sangat disarankan bagi penjual dan pembeli untuk melakukan COD ditempat umum yang kondisinya ramai untuk meminimalisir adanya hal-hal negatif yang dimungkinkan terjadi.

Itulah penjelasan mengenai apa itu arti  COD dalam jual beli, kekurangan, dan kelebihan dari sistem tersebut. Bagi kamu yang sedang mengelola e-commerce, pastikan pengelolaannya bagus terkhusus dalam hal COD ini agar pelanggan merasa puas, aman, dan nyaman.

Check Also

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Sebagian besar pengguna internet adalah pemilik smartphone. Layanan web juga banyak dijalankan melalui ponsel, baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *