Apa Arti Keep Dalam Jual Beli
cermati.com

Apa Arti Keep Dalam Jual Beli? Yuk, Simak Penjelasannya!

Ketika melakukan jual beli, kamu pasti sering mendengar kata seperti, “kak, aku keep dulu, ya”. lalu kamu bertanya-tanya, apa ya maksudnya?

Di zaman yang semakin berkembang ini, penggunaan kata dalam bahasa inggris ini memang sering kali digunakan, apa lagi di dunia jual beli atau bisnis online. sayangnya, arti keep dalam dunia jual beli sering kali menyebabkan kebingungan dan kesalahpahaman. Bukan hanya dialami oleh pembeli saja, kadang kala penjual juga belum terlalu memahami penggunaan istilah keep dalam dunia bisnis.

Pasalnya, kebijakan keep tersebut di masing-masing toko berbeda-beda. Jadi wajar saja akan menimbulkan banyak mispersepsi antara penjual dan pembeli ketika sedang bertransaksi.

Nah, jadi apa sih sebenarnya arti istilah keep dalam jual beli? Supaya kamu tidak bingung, simak penjelasan di bawah ini yah.

Arti Keep Dalam Jual Beli

dalam dunia bisnis, arti kata keep bisa dipahami sebagai permintaan untuk menyimpan barang pesanan yang diminta oleh customer dari penjual. Keep dilakukan supaya pembeli lain tidak membelinya, atau penjual tidak lagi menawarkan produknya kepada konsumen lain.

Biasanya, untuk keep barang tertentu di penjual, pembeli harus membayar uang muka atau dalam istilah lain adalah DP. Hal tersebut sebagai pentuk jaminan dari pembeli ke penjual karena telah melakukan keep produk tertentu tersebut.

Keep biasanya punya tenggat waktunya. Penjual biasanya memberlakuka waktu keep sekitar 1 hingga dua hari. Ketika pembeli tidak segara membayar penuh barang yang sudah di keep, penjual bisa menawarkannya kepada konsumen lain. Istilah kata keep barang oleh pembeli sebelumnya telah hangus.

Selain untuk meminimalisir kerugian, tenggat waktu tersebut diberikan untuk meminimalisir adanya resiko penipuan dari pembeli. Apa lagi bisnis online, kemungkinan untuk terjadi tipu-menipu lebih besar dengan bisnis offline.

Contoh kebijakan keep misalnya adalah kamu memesan tas berwarna merah di salah satu marketplace di instagram. Tetapi kamu baru bisa membayarkannya dua hari yang akan datang ketika kamus sudah menerima gaji dari tempat kerjamu. Nah, kamu bisa meminta penjual tesebut untuk menyimpan terlebih dahulu tas berwarna merah tersebut sampai dua hari kedepan.

Setalah mengetahui kamu telah meminta tas berwarna merah tersebut untuk di keep, penjual biasanya akan mengganti status postingan di tas yang berwarna merah tersebut dengan keterangan “keep”. Selanjutnya, penjual hanya tingga menunggu kamu untuk melunasinya pada dua hari yang akan datang.

Karena penjual telah memberi keterangan keep pada postingan tas berwarna merah tersebut, konsumen lain jadi mengetahui kalau produk tersebut sudah di pesan oleh orang lain. dan ketika konsumen yang sudah melakukan keep tidak ada kejelasan sampai waktu yang telah disepakati, penjual bisa langsung mengubah status produknya lagi agar konsumen lain mengetahui perkembangannya.

Pasalnya, tidak semua penjual memberlakukan kebijakan keep ini. beberapa penjual merasa tidak mau mengambil resiko terhadap kebijakan keep ini karena banyaknya pembeli yang suka datang dan pergi seenak hati.

Tetapi, kalau kamu ingin memberlakukan kebijakan keep dalam toko onlinemu, kamu bisa memberlakukan kebijakannya dengan tegas.

Masalah yang seringkali muncul dan sering dialami oleh penjual adalah beberapa barang yang sudah di keep sering kali dibatalkan begitu saja pesanannya oleh pembeli. Alhasil, stok yang sudah di simpan sebelumnya menjadi menumpuk.

Demikian arti keep dalam jual beli yang bisa kami bahas di artikel ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Sebagian besar pengguna internet adalah pemilik smartphone. Layanan web juga banyak dijalankan melalui ponsel, baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *