Cara Jual Emas Antam di Pegadaian Mudah!

Hari ini, Anda dapat mempelajari cara jual emas Antam di Pegadaian dan Butik Antam serta platform e-Commerce lainnya, termasuk Shopee dan Tokopedia.

Dalam buku berjudul Jangan Berinvestasi Emas Sebelum Membaca Buku Ini yang ditulis oleh Joko Salim, harga emas di Indonesia cenderung terus naik. Selain itu, nilai emas tidak menurun secara substansial.

Situs resmi Pegadaian telah diluncurkan. Tabungan Emas Pegadaian adalah pilihan simpanan emas yang memungkinkan nasabah untuk melakukan investasi emas dengan mudah dengan cara yang aman, terjamin, dan dapat diandalkan.

Jika harga emas turun dalam dolar sekaligus, maka harga dolar terhadap rupiah akan rentan menguat. Salah satu produk emas yang banyak digunakan sebagai bahan investasi adalah perak Antam.

Bagaimana cara jual emas antam di pegadaian? Lihat opsi berikut.

Cara Jual Emas Antam di Pegadaian

Saat ini, emas merupakan barang investasi yang bisa diperjualbelikan. Siapapun dapat membeli atau menjual emas mereka.

Namun, sebelum memutuskan untuk menjual, penting untuk mengetahui apa yang bisa Anda jual di pegadaian, agar Anda tidak mengalami kerugian.

1. Kunjungi Kantor Pegadaian

Kemudian, informasikan kepada petugas bahwa Anda ingin membuka rekening tabungan emas di Pegadaian.

2. Informasi Pribadi Lengkap

Setelah Anda selesai melakukannya, buat informasi pribadi Anda dengan menyiapkan KTP dan sertifikat untuk membuktikan kepemilikan emas Antam.

3. Cek Emas

Kemudian petugas akan melakukan pemeriksaan kandungan emas dan keasliannya.

4. Pencairan Dana Jual Emas

Jika emas yang Anda beli terbukti asli, hasil penjualan dibayarkan tunai atau sebagian ditransfer ke rekening penjual.

5. Uang Ditransfer ke Rekening

Anda harus menunggu beberapa menit selambat-lambatnya 3 jam dari saat selesai dan dana akan ditransfer ke rekening Anda.

Cara Jual Emas Antam di Butik Antam

Penjualan logam mulia Antam dapat dilakukan melalui butik online Antam yang berlokasi di Jalan T.B. Simatupang, Jakarta Selatan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Menyerahkan dokumen yang dipersyaratkan, antara lain foto Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan foto Emas Antam yang akan dijual, serta nomor rekening melalui email dan nomor di halaman Butik Emas Antam.

Setelah pendaftaran selesai, bersabarlah agar data Anda divalidasi melalui butik Antam.

Ketika proses verifikasi berhasil, butik di Antam akan memberikan informasi Jadwal Layanan Penjualan Emas Antam dan jumlah antrian yang Anda terima.

Dengan menggunakan nomor antrian ini, Anda dapat mengunjungi butik Antam terdekat untuk melakukan transaksi.

Jika Anda tidak dapat hadir sesuai jadwal yang telah dijadwalkan dan ingin melakukan registrasi ulang, maka bisa dilakukan 2 minggu setelahnya.

Butik Emas Antam melayani pembelian kembali pada hari Selasa dan Kamis dari pukul 09.00 sampai 12.00.

Cara Jual Emas Antam di Shopee

Saat ini, berbagai bisnis e-commerce menawarkan layanan penjualan emas Antam. Salah satunya adalah aplikasi Shopee. Lihat langkah-langkah ini.

  • Luncurkan aplikasi Shopee di ponsel Anda.
  • Pilih menu “Tagihan Pulsa, Pulsa sekaligus hiburan”.
  • Di bawah bagian keuangan pilih menu Emas.
  • Lanjutkan dengan memilih “Jual”. Pilihan “Jual” untuk melakukan penjualan logam mulia Anda.
  • Kemudian, hitung jumlah emas yang akan dijual dalam gram, atau rupiah.
  • Langkah selanjutnya adalah mengisi data diri seperti nama dan nomor rekening. Pastikan nama rekeningnya sama dengan nama rekening tabungan emas. Hasil penjualan emas ditransfer ke rekening BNI, BRI, BCA dan Mandiri.
  • Verifikasi detail transaksi, lalu periksa kembali detail transaksi untuk transaksi emas yang dilakukan. Pastikan jumlah uang yang Anda terima sesuai dengan nilai emas setelah transaksi dilakukan.
  • Penjualan emas berhasil. Prosedur transfer keuntungan dari penjualan emas ke rekening akan memakan waktu setidaknya satu hari setelah transaksi dikonfirmasi.

Cara Jual Emas Antam di Tokopedia

Tokopedia menawarkan fitur kepada pengguna yang ingin membeli dan menjual emas murni. Proses penjualan emas Antam yang bisa didapatkan di Tokopedia adalah dengan menggunakan cara berikut ini, yaitu :

  • Luncurkan Tokopedia di ponsel Anda.
  • Pilih menu Keuangan.
  • Pilih jenis investasi “Emas”.
  • Setelah kamu masuk ke menu “Emas Tokopedia”
  • Klik menu “Jual Emas”.
  • Kemudian, tentukan jumlah emas yang ingin Anda jual dalam rupiah dan gram. Setelah itu, klik “Check Out”
  • Setelah itu, klik “Kirim SMS Verifikasi” dan masukkan kode OTP yang Anda terima.
  • Klik “Jual Emas”.
  • Selesai, jumlah sama dengan harga┬ádi mana Anda menjual emas akan disimpan ke Saldo Tokopedia di akun Anda.

Tips Jual Emas Agar Tidak Rugi

Emas adalah logam berharga yang tidak pernah berkarat. Masa lalu adalah ketika emas digunakan sebagai alat tukar.

Namun seiring berjalannya waktu, fungsi ini tergantikan dengan uang. Emas digunakan dalam produksi berbagai produk seperti perhiasan, gigi palsu dan perawatan kosmetik.

Sebenarnya, saat ini emas merupakan salah satu aset investasi yang diperjualbelikan. Siapapun dapat membeli serta menjual emas.

Namun, sebelum mengambil keputusan untuk menjual, penting untuk mengetahui cara jual emas antam di pegadaian untuk memastikan Anda tidak kehilangan uang.

1. Sertakan catatan pembelian

Jika Anda memutuskan untuk menjual emas Anda pastikan Anda menambahkan sertifikat pembelian dengan bentuk catatan formal.

Biasanya, uang kertas ini dapat ditemukan di toko tempat Anda membeli emas. Karena ukurannya yang kecil, Anda harus berhati-hati saat menyimpan uang kertas tersebut.

2. Pelajari tentang kandungan emas serta harga jualnya

Bagi mereka yang tidak mengetahui kandungan emas, itu adalah karat. Nilai jual emas ditentukan oleh seberapa besar karat serta beratnya.

Harga di mana Anda dapat menjual emas 24 karat kemungkinan akan berbeda dari emas 18 karat. Harga jual emas 24 Karat akan lebih mahal.

3. Selidiki uji keaslian emas

Biasanya, toko perhiasan memiliki spesifikasi pemeriksaan emas. Jika demikian, pastikan Anda mengetahui jenis perangkat yang digunakan untuk menguji emas.

Sebagian besar waktu, Pegadaian atau toko perhiasan yang dapat dipercaya pasti akan menggunakan Avometer atau X-Ray Flourescence.

4. Temukan tempat yang tepat untuk menjual emas

Banyak toko perhiasan tidak membeli emas dengan harga tinggi. Setiap toko memiliki persyaratannya sendiri. Dengan demikian, Anda harus bisa memilih lokasi terbaik untuk menjual emas.

5. Jual emas di lokasi membeli emas

Jika Anda tidak dapat menemukan toko atau tempat yang tepat untuk menjual emas Anda, Anda dapat memperdagangkannya di tempat Anda membelinya.

Kemungkinan besar, toko akan lebih dari bersedia untuk mengambil emas sebagai imbalannya.

Namun, biayanya cenderung lebih rendah dari harga yang Anda bayarkan untuk itu. Mungkin, jumlah harga yang akan Anda terima adalah 70% -80% dari biaya Anda.

Demikianlah artikel mengenai cara jual emas antam di pegadaian, semoga artikel ini dapat membantu anda menjual emas. Terima kasih sudah membaca sampai habis sampai bertemu kembali di lain artikel.

Leave a Comment