Resiko Bisnis Sarang Burung Walet, Wajib Tau!

Resiko Bisnis Sarang Burung Walet, Wajib Tau!, Banyak masyarakat Indonesia yang sudah mengetahui manfaat sarang burung walet untuk kesehatan.

Karena prospeknya yang cerah, burung yang hanya bisa hidup di daerah tropis banyak dibudidayakan.

Meskipun omset bulanan sebuah bisnis bisa melebihi puluhan atau jutaan, itu tetap sebuah bisnis.

Namun, pembudidaya harus selalu mempertimbangkan resiko bisnis sarang burung walet.

Manfaat Sarang Burung Walet

Anda dapat menemukan burung walet di langit-langit gua dan bangunan kosong. Burung ini lebih suka hidup berkelompok, dan membangun sarangnya dengan air liurnya.

Manfaat air liur dari burung walet sudah dikenal luas, khususnya di bidang kesehatan.

Menurut beberapa sumber, sarang burung walet kaya akan kolagen, kalsium dan protein. Ini juga dapat digunakan sebagai sumber makanan bagi orang yang mencari antioksidan.

Beberapa dari sekian banyak manfaat olahan sarang burung walet adalah untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan kulit.

Mereka juga mengencangkan kulit dan mempercepat proses pembaharuan sel.

Prospek Usaha Sarang Burung Walet

Budidaya sarang burung walet adalah kegiatan populer di Cina. Ini akan diolah menjadi sup dengan bumbu khusus oleh penduduk setempat.

Di Indonesia, Anda bisa menemukan berbagai olahan sarang burung walet di banyak restoran mewah dengan harga mulai dari Rp.450.000 per porsi.

Harga jual sarang burung walet sangat tinggi. Bisa dijual dengan harga Rp.20 ribu/gram-nya. Artinya 1 kg sarang burung walet bisa dijual dengan kisaran Rp. 20 juta.

Anda dapat menghasilkan lebih banyak jika Anda melakukan bisnis ini dengan baik. 200 juta per bulan.

Resiko Bisnis Sarang Burung Walet

Resiko bisnis sarang burung walet merupakan bisnis yang membutuhkan modal dalam jumlah besar untuk memulainya.

Ada banyak risiko yang terlibat. Salah satu risiko tersebut adalah:

1. Gangguan Hama

Pemilik rumah burung walet dan pemilik usaha burung walet sering diganggu oleh tikus dan jamur.

Jika sebuah bangunan dijadikan sebagai tempat penyimpanan sarang burung walet dan dipenuhi oleh tikus atau hama jamur, maka akan mengurangi pasokan sarang burung walet yang berkualitas.

2. Turun Harga Tanpa Biaya

Karena sebagian pengusaha lokal lebih memilih membeli sarang burung walet, mereka masih kesulitan memasuki pasar burung walet.

Jika ingin bertahan dalam persaingan yang ketat, pengusaha lokal harus menurunkan harga jual produk sarang burung walet mereka. Harga pasar burung walet kini terjun bebas.

3. Sulit Mendapatkan Bahan Baku

Karena masuknya investor asing yang membeli sarang walet mentah, terjadi kelangkaan bahan baku walet di Indonesia. Hal ini dapat berdampak pada pendapatan pengusaha lokal.

Karena tingginya permintaan, kini produk walet Dimana-mana sudah tersedia untuk dikonsumsi. Permintaan sarang walet akan turun jika dijual dengan harga lebih tinggi.

4. Mengekspor Itu Sulit

Mengekspor bukanlah pilihan yang mudah bagi pemilik usaha kecil yang tidak memiliki cukup kontak internasional.

Mengekspor suatu barang dari suatu negara juga cukup sulit. Apalagi, beberapa negara tujuan ekspor menerapkan regulasi yang cukup ketat untuk produk sarang walet.

Tips Bisnis Sarang Burung Walet

Anda harus mengambil beberapa tindakan pencegahan untuk meminimalkan kemungkinan bisnis Anda hilang, dengan mempertimbangkan resiko yang ada.

Berikut beberapa contohnya:

1. Menjaga Kualitas Walet

Kandang sebenarnya adalah tempat yang aman bagi burung walet untuk beristirahat. Namun, kualitasnya harus tetap dipertahankan.

Ada banyak cara untuk menjaga kualitas kandang burung Anda tetap bersih. Ini tentang menjaga kelembaban, menggelapkan kandang dan menyediakan ventilasi yang memadai.

2. Jauhkan Burung Walet dari Tempat yang Banyak Hama

Budidaya sarang burung walet paling rentan terhadap serangan hama. Untuk memastikan bisnis Anda tidak merugi, pilihlah kandang yang jauh dari tempat berkumpulnya hama perusak sarang burung walet seperti tikus dan mencit.

Harga jual sarang burung walet yang sudah dirusak hama akan turun. Terkadang produk sarang walet tidak bisa dijual sama sekali.

Ini adalah gambaran singkat tentang resiko bisnis sarang burung walet, bersama dengan beberapa tips dan trik untuk mengelolanya.

Leave a Comment