Pengertian Gourmet

Di era perkembangan jaman, saat ini semakin marak sekali dunia industri yang mengalami pertumbuhan secara pesat.

Gaya hidup masyarakat yang memiliki kecenderungan lebih suka menikmati makanan yang siap saji, itulah yang menyebabkan banyaknya perusahaan – perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman, salah satunya adalah sector industry food and baverage.

Food and Baverage atau yang biasa kita sebut dengan F & B merupakan salah satu sector yang bergerak di bidang makanan dan minuman yang pada umumnya terdapat di dalam suatu perhotelan demi terwujudnya kepuasan pengunjung.

Selain di hotel, sector food and baverage ini sering kali di gunakan pada sebuah restoran, rumah sakit, ataupun kapal pesiar.

Karena berfokus pada pelayanan dan minuman, maka dari itu seseorang yang bekerja di bidang food and baverage ini tentu di wajibkan untuk berpenampilan yang rapi, bersikap ramah dan sopan, serta harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Hal ini di sebabkan karena pekerjaan dalam bidang food and baverage ini berkaitan dengan jasa pelayanan yang setiap harinya akan bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang.

Food and Baverage merupakan salah satu usaha yang akan terus mengalami perkembangan seiring dengan pekembangan jaman.

Sector industry food and baverage yang bergerak dalam bidang pembuatan dan penghidang makanan dan minuman tentu memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung secara professional dan komersial, khususnya dalam memenuhi segala kebutuhan makanan dan minuman.

Tujuaan utama dalam sector food and baverage adalah sebagai penyediaan dan penawaran berbagai macam menu makanan dan minuman, meningkatkan rasa kepuasan para pengunjung dari segala sisi pelayanan industry food and baverage, meningkatkan reputasi dan kredibilitas hotel dalam hal pelayanan, serta memperoleh keuntungan yang optiman sebagai sumber penghasilan tambahan di berbagai department.

Selain harus melayani segala kebutuhan makanan dan minuman para pengunjung, dalam dunia fodd and baverage ada istilah Gourmet yang mungkin masih jarang dan belum di ketahui oleh banyak orang.

Kata gourmet tentu masih sangat asing di telinga sebagian orang. Maka dari itu, disini kita akan membahas Gourmet dalam dunia industry food and Baverage.

Gourmet pada umumnya dapat di artikan seseorang yang bekerja sebagai pencicip makanan atau di sebut juga dengan tester makanan. Biasanya makanan yang di sajikan  bukanlah makanan biasa, akan tetapi makanan yang di hidangkan merupakan makanan dengan memiliki komposisi dan kualitas yang tinggi.

Seorang gourmet bahkan mempelajari dari sejarah sampai antrologi dalam setiap makanan. Seorang gourmet selalu menjadikan makanan adalah salah satu seni.

Gourmet sendiri memiliki peranan yang telah di buktikan dalam industry food and baverage dengan di adakannya Asian Gourmet Food Challenge.

Seorang gourmet sering kali di minta untuk mengunjungi ke beberapa tempat dimana tempat tersebut pada umumnya adalah salah satu department yang menawarkan tentang informasi mengenai bahan – bahan makanan yang memiliki kualitas yang tinggi, asal muasal makanan, serta cara bagaimana menghidangkan makanan agar telihat mewah.

Pada beberapa Negara, Gourmet bisa di katakan sebagai salah satu ide budaya yang di asosiasikan dengan suatu seni kuliner makanan dan minuman yang berkualitas.

Atau dapat juga di artikan sebagai seni kuliner dengan masakan yang mewah dan di cirikan dengan persiapan yang sangat halus dan tergolong rumit dengan penyajian makanan yang mewah.

Makanan dan minuman yang di hidangkan oleh para gourmet tentu adalah hidangan yang kontras dan sering kali di katakana hidangan kuliner kaya.

Makanan gourmet pada umumnya di sajikan dengan porsi yang mahal dan lebih kecil. Dalam gourmet sering kali terjadi interaksi lintas budaya yang memperkenalkan bahan – bahan makanan dan minuman serta tradisi baru.

Secara histori bahan yang di gunakan dalam makanan dan minuman tersebut kadang kala masih cenderung langka untuk wilayah tersebut, karena bisa jadi di pengaruhi oleh Negara setempat dan adat istiadat agama.

Di Amerika Serikat, pada tahun 1980 berevolusi dari pembagian jangka panjang antara gourmet dan populis terhadap makanan mewah, sehingga pada tahun 2000 telah terjadi percepatan peningkatan pasar gourmet di Amerika Serikat.

Karena meningkatnya pendapatan, maka kategori minuman seperti kopi sering di bagi antara standard dan sub pasar gourmet di Negara tersebut.

Di Amerika, gourmet di klasifikasikan sebagai industry untuk makanan premium yang memiliki kualitas yang tinggi. Gourmet juga dapat di gambarkan sebagai restoran kelas atas dengan menyajikan makanan dan minuman dari bahan yang berkualitas tinggi, memiliki presentasi khusus dan kecanggihan yang tinnggi.

Jenis Profesi Gourmet

Pengertian Gourmet
https://www.thespruceeats.com/

Karena memiliki keahlian sebagai seorang tester makanan, makan gourmet di bagi ke dalam beberapa jenis profesi, di antaranya adalah :

1. Gourmet Restoran

Gourmet restoran adalah salah satu gourmet yang memiliki tugas dan tanggung jawab  dalam menyiapkan hidangan – hidangan berbagai macam ragam jenis – jenis bahan makanan, mulai dari bahan makanan yang berkualitas tinggi hingga mendapatkan yang terbaik.

2. Gourmet Food

Pengertian Gourmet
https://www.freepik.com/

Yang kedua adalah gourmet food. Gourmet food merupakan seseorang yang memiliki profesi focus pada makanan dan  minuman yang dalam proses pembuatannya memerlukan perhatian yang lebih atau perhatian khusus.

Salah satu contohnya adalah Truffle, yang proses panennya secara liar dan tentu tidak bisa di budi dayakan. Selain itu, seorang yang berprofesi sebagai Gourmet Food juga berfokus pada bahan – bahan makanan.

Gourmet food pada umumnya selalu mencampurkan bahan – bahan makanan ataupun bumbu dan rempah dengan cara mereka yang menarik, sehingga menciptakan rasa yang unik pada makanan yang akan mereka sajikan.

3. Gourmet Kitchen

Yang terakhir adalah gourmet kitchen, gourmet kitchen ini pada umumnya adalah suatu peralatan atau perlengkapan masak yang professional.

Gourmet kitchen ini memiliki fungsi dan kegunaannya yaitu agar kita nyaman dan mudah dalam mempersiapkan segala makanan yang kita butuhkan.

Seseorang yang bekerja sebagai gourmet kitchen juga harus memiliki ruangan atau meja khusus yang cukup untuk mempersiapkan segala jenis makanan.

Alt yang di miliki oleh gourmet kitchen ini adalah berupa kompor gas dengan memiliki enam tungku, ventilasi yang kuat, oven, serta wajib memiliki cabinet yang cukup untuk menyimpan segala peralatan memasak, baik perkakas maupun seluruh item pantry dapur.

Seorang yang memiliki profesi sebagai gourmet kitchen pada umumnya akan memasak dengan menggunakan teknik yang sempurna, dan kemampuannya pun tidak bisa kita ragukan lagi dalam menghidangkan setiap masakan.

Adapun kelebihan suatu department yang menerapkan sistem gourmet dalam sector food and baverage antara lain adalah sebagai berikut :

  • Memperoleh keuntungan yang optimal sebagai sumber penghasilan tambahan dalam dunia food and baverage
  • Menghadirkan inovasi – inovasi kuliner yang baru
  • Menarik konsumen dengan menyewa sebagai tempat acara resmi.