Banquet Service : Pengertian, Manfaat, Tugas dan Tanggung Jawab Banquet
courtyardbanquets.com

Banquet Service : Pengertian, Manfaat, Tugas dan Tanggung Jawab Banquet

Banquet Service merupakan salah satu bagian dari divisi Food and Beverage Service, secara umum tim Banquet Service memiliki tanggung jawab untuk menangani segala macam kegiatan pesta atau jamuan makan atau sering disebut MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) yang ada di hotel maupun restoran.

Sedangkan, berdasarkan kamus Pariwisata dan Perhotelan. Pengertian banquet diartikan sebagai suatu resepsi mewah yang diadakan di ruangan khusus dari hotel, dengan menyediakan makanan mewah dan juga fasilitas lainnya.

Dalam sejarah kaum Prancis, Banquet dilatar belakangi dengan kebutuhan manusia yang saling berinteraksi.  Dimulai dari keluarga, kerabat kaisar, dan kelompok relasi masing-masing untuk berkumpul bersama-sama dengan makanan yang tersedia.

Seiring berkembangnya zaman, Banquet semakin dicari dan dibutuhkan. Banquet menjadi bisnis yang cukup besar karena dengan menyediakan layanan Banquet lengkap dengan fasilitas dan staf yang profesional dalam mengatur suatu acara.  Seperti pada acara resepsi pernikahan.

Dimana para tamu dapat menikmati makanan ringan dan minuman sebelum acara utama dimulai, kemudian dilanjutkan dengan mempersilahkan tamu untuk duduk di tempat yang sudah disediakan dengan dekorasi menarik. Menjelang acara utama biasanya dimulai dengan pidato dari tamu kehormatan atau tuan rumah acara. Selain itu, bisa juga ada pertunjukan hiburan bagi para tamu.

Dalam prakteknya ketika mengadakan sebuah Banquet, tentu sangat diperlukan perencanaan yang matang agar suatu acar berjalan dengan lancar. Salah satu poin penting yang harus diperhatikan adalah pemilihan tempat dengan menyesuaikan jumlah tamu yang diundang. Begitupun, dengan pemilihan menu yang beragam dan sesuai dengan selera tamu undangan.

Seperti disinggung diawal, bahwa Banquet ini merupakan salah satu divisi dari Food and Beverage Service. Tentu memiliki aturan main maupun struktur organisasi dalam menjalankan perannya. Seperti Banquet Manager yang menaungi Asistant Manager, Secretary, Banquet Supervisor , Banquet Captain, Banquet Waiter, Banquet Head Waiter, Banquet Bush Boy. Berikut penjelasan lebih lanjut dari masing-masing jabatan :

 Tugas dan Tanggung Jawab Banquet 

Banquet Service : Pengertian, Manfaat, Tugas dan Tanggung Jawab Banquet
istockphoto.com

Banquet Manager

  • Bertanggung jawab atas banquet section yang dipimpinnya.
  • Mengkoordinir seluruh staff banquet serta memberikan arahan, pembinaan secara rutin agar pelayanan yang diberikan memuaskan para tamu.
  • Melaksanakan tugas administrasi.
  • Memeriksa seluruh kesiapan tugas dari bawahannya dan memperhatikan serta tidak menutup telinga untuk mendengarkan keluhan-keluhan tamu.
  • Mampu menganalisis permasalahan serta mencari solusi atas permasalahan yang ada.
  • Mengawasi serta mengawal operasional banquet sampai akhir.

Assistant Manager Banquet

Pada dasarnya tanggung jawab Assitant Manager Banquet adalah menangani tugasnya sehari-hari, serta memikul tanggung jawab dari Banquet Manager apabila berhalangan datang. Dan yang paling utama memberikan briefing dan pengawasan selama acara berlangsung.

Secretary

  • Membantu tugas Banquet Manager dalam menangani surat masuk dan keluar.
  • Membuat laporan baik dari hasil rapat, maupun laporan dari pihak luar. Termasuk pengaduan, dan saran dari tamu.
  • Bertugas sebagai perantara sebelum bertemu dengan Banquet Manager.

Banquet Supervisor

  • Mengawasi persiapan dalam suatu kegiatan, mulai dari menyiapkan kebutuhan acara sampai pelayanan kepada tamu.
  • Membuat laporan setelah kegiatan selesai.
  • Berkordinasi dengan bawahan dalam menjalankan event. Seperti bekerja sama dengan dapur, bar, maupun bagian lain untuk menciptakan suasana kerja yang baik.
  • Menangani segala keluhan, permintaan dari tamu. Serta mengecek seluruh peralatan yang ada.
  • Membantu Banquet Manager jika mengalami kesulitan.

Banquet Captain

  • Membuat time schedul dalam pembagian tugas sesuai dengan jabatan masing-masing.
  • Memiliki tanggung jawab kepada keadaan yang terjadi pada banquet
  • Mengkoordinir para waiter
  • Mengatur meja, kursi dan suasana ruangan. Serta melakukan kontrol persiapan sebelum acara dimulai.
  • Memimpin briefing sebelum acara dimulai.
  • Memberikan sambutan kepada tamu yang akan datang, sebelum menyerahkan langsung kepada waiter.

Banquet Waiter

  • Melakukan tugas yang diberikan oleh banquet captain.
  • Melakukan pelayanan terhadap tamu yang datang.
  • Melakukan persiapan matang dalam setiap event, termasuk memeriksa semua kelengkapan peralatan yang dibutuhkan untuk keperluan event nantinya.
  • Bertanggung jawab terhadap area, yang merupakan bagian dari tugasnya. Seperti kerapihan dan kebersihan peralatan dan perlengkapan.
  • Menata, mengatur meja dan kursi (table set-up). 

Banquet Head Waiter

  • Mengkoordinir para waiter dan daily worker.
  • Menyusun meja kursi, meja buffet, dan mengontrol dekorasi ruangan serta menyiapkan kartu menu.
  • Bertanggung jawab mengenai keadaan yang terjadi para operation banquet.
  • Mempersiapkan seluruh peralatan yang siap dipasang di meja.
  • Membuat serta mengajukan anggaran untuk menambah sarana pendukung, atau peralatan-peralatan yang akan diganti.

Banquet Bush Boy

Pada umumnya, tugas dan tanggung jawab seorang Banquet Bush Boy adalah membantu tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh waiter. Karena itu waiter memiliki tugas tambahan untuk selalu membimbing dan mengarahkan, serta memberi contoh yang baik. dan yang utama adalah sabar, dan teliti terhadap bush boy.

Manfaat Banquet 

Selain mendapatkan pelayanan penyedia makanan dan minuman untuk acara-acara besar. Penggunaan banquet memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh client, diantaranya :

  1. Memudahkan dalam Menyiapkan Acara : dengan menggunakan layanan banquet, tidak perlu memikirkan tentang cara membeli makanan, minuman bahkan dekorasi. Semua persiapan akan diurus oleh penyedia layanan, sehingga client dapat fokus kepada persiapan yang lainnya.
  2. Kualitas Makanan dan Minuman Terjamin : penyedia layanan banquet memiliki tim masak khusus, dan pelayan yang terlatih, sehingga kualitas makanan dan minuman yang disajikan akan lebih terjamin dan disesuaikan sesuai tema acara dan kebutuhan client.
  3. Penyajian yang Menarik : biasanya layanan banquet memiliki berbagai tawaran untuk pilihan dekorasi, dan penyajian makanan yang menarik. Sehingga acara client lebih istimewa serta berkesan bagi tamu.
  4. Hemat Budget : terkadang menggunakan layanan banquet terlihat lebih mahal, tetapi jika di kalkulasikan secara keseluruhan penggunaan layanan ini bisa menghemat biaya. Karena client tidak perlu membeli bahan makanan dan minuman sendiri, menyewa peralatan, bahkan memperkerjakan koki dan pelayan secara terpisah.
  5. Mampu Mengurangi Stres : dengan menggunakan layanan banquet tidak banyak menguras fikiran, dan tenaga dalam mempersiapkan acara. Karena semua akan diurus langsung oleh penyedia layanan. Hal demikian akan membuat client lebih santai dan menikmati acara dengan tenang.
  6. Menambah nilai estetika : melalui layanan banquet, client bisa meningkatkan nilai estetik pada acara sendiri. Pilih dekorasi yang menarik sesuai dengan tema yang akan digunakan, serta penyajian makanan yang cantik akan membuat tamu merasa lebih puas dan terkesan.

Demikianlah beberapa pengertian, manfaat serta tanggung jawab dari Banquet Service. Meski demikian, pastikan untuk memilih penyedia layanan banquet yang terpercaya serta berkualitas. Dengan tujuan untuk memastikan acara berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Semoga bermanfaat

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *