Manajemen Perhotelan Adalah: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Divisi yang Dibutuhkan
kuliahdimana.id

Manajemen Perhotelan Adalah: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Divisi yang Dibutuhkan

Sudahkah kamu mengetahui tentang apa itu manajemen perhotelan? Atau, manajemen perhotel kamu ketahui sebagai pengelolaan hotel saja. tidak salah, manajemen perhotelan memang akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan hotel. Tetapi apa saja sih di dalamnya itu?

Jika kamu mencari lebih detail mengenai manajemen perhotelan adalah apa, kamu sedang berada pada artikel yang tepat. Artikel ini akan membahas tentang manajemen perhotelan dan hal-hal yang dipelajari di dalamnya.

Manajemen Perhotelan Adalah: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Divisi yang Dibutuhkan
calonmahasiswa.com

Apa Itu Manajemen Perhotelan

Manajemen perhotelan singkatnya adalah ilmu yang mempelajari tentang perencanaan, produksi, hingga pengawasan di dalam bisnis pengelolaan jasa di bidang hotel. Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui dalam kaitannya dengan manajemen perhotelan. Hal-hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, manajemen perhotelan ada tentang bagaimana kemampuan mengatur sumber daya manusia (SDM). Bisnis perhotelan sangat berkaitan erat dengan pengelolaan SDM. Apa lagi, bisnis perhotelan ada bisnis yang sangat mengandalkan pelayanan dari karyawannya, sehingga manajemen SDM ini sangatlah penting.

Manajer yang memegang kendali atas hotel harus mampu untuk menempatkan sumber daya manusia yang ada sesuai dengan kebutuhan. Ia harus disesuaikan dengan keahlian, minat, dan bakatnya.

Orang yang berbakat bekerja di cleaning service tidak mungkin tiba-tiba saja dipekerjakan menjadi pelayanan tamu. Atau, orang yang terbiasa melayani tamu tidak mungkin ditempatkan di dapur yang sama sekali ia tidak memiliki pengalaman akan itu.

Penempatan sumber daya manusia di tempat dan wilayah yang tepat, akan meningkatkan kinerja dan performa sumber daya tersebut. pelayanan hotel akan semakin baik dan kepuasan konsumen akan semakin tinggi. Hotel akan mendapatkan kepercayaan dari para tamunya.

Kedua, manajemen keuangan hotel. Salah satu hal penting dalam pengelolaan hotel ada keuangannya. Dalam mengelola hotel, pengelolaan uang akan berkaitan dengan beberapa vendor yang akan bekerjasama dalam pemenuhan kebutuhan hotel. Dengan memiliki SOP yang baku dan disiplin, masalah keuangan akan terminimalisir terjadi.

Ketiga, hubungan masyarakat (HUMAS). Dalam manajemen perhotelan, posisi humasa sangatlah penting. humas akan berkomunikasi dengan vendor-vendor yang berhubungan langsung dengan semua keperluan operasional hotel.

Seorang humas harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Bagaimana tidak, ia akan selalu bekerjasama dengan beberapa instansi yang dibutuhkan hotel.

Keahliannya dalam berkomunikasi, bernegosiasi, dan berdialog menjadi kunci seorang humas. Jika hal tersebut gagal, hubungan kerjasama yang dibangun bisa berlangsung berantakan.

Keempat, kemampuan bahasa asing. Hotel tidak hanya akan melayani tamu yang berasal dari dalam negeri saja, melainkan juga dari luar negeri. Oleh karena itu, keahlian menguasai bahasa asing sangat diperlukan agar proses komunikasi bisa berjalan dengan lancar.

Bayangkan, jika hotel mempekerjakan karyawan yang tidak menguasai bahasa asing, pasti akan kelabakan jika ada tamu yang berasa dari luar Indonesia.

Kelima, binatu. Binatu disini meliputi SOP apa saja yang harus dipahami oleh siapa saja yang akan bekerja di hotel. Misalnya, SOP tersebut akan mengatur tentang pakaian seperti apa saja yang akan dibersihkan oleh binatu, apa saja barang yang perlu diganti di dalam kamar, dan hal lain yang berkaitan dengan kebersihan hotel.

Keenam, peningkatan manajemen hotel. Program peningkatan manajemen hotel ini tentu dilakukan agar proses pendidikan tidak berhenti. Kondisi kerja dan hal-hal yang berkaitan dengan divisi harus dipelajari dengan baik.

Pelayanan yang baik dari para divisi sangat tergantung dengan bagaimana seorang manajer tersebut memimpin, sehingga program pendidikan managerial ini sangat penting untuk terus diperhatikan.

Ketujuh, sanitasi dan K3. Sanitasi dan K3 penting diperhatikan karena sangat berhubungan dengan kenyamanan tamu terhadap fasilitas yang hotel berikan.

Sanitasi dan K3 berkaitan dengan kebersihan layanan yang diberikan hotel. Misalnya bagaimana tata cahayanya, lubang ventilasinya, hingga kemungkinan gangguan alam yang bisa mengancam hotel dan tamu yang akan menginap.

Kedelapan, makanan dan minuman. Hal terakhir yang tidak kalah penting dalam manajemen hotel adalah makanan dan minuman. Pengelolaan tentang makanan dan minuman ini harus dilakukan dengan baik.

Makanan dan minuman yang wajib untuk para tamu harus disediakan tepat waktu, memiliki rasa yang enak, dan disuguhkan dengan kualitas yang baik. Bahan makanan yang digunakan harus memenuhi standar higienis agar bisa diusulkan dalam kondisi yang bagus untuk para tamu.

Proses manajemen di dalam hotel akan berlangsung dengan baik baik apabila didukung dengan departemen yang baik pula. Struktur organisasi yang ada di hotel, akan memperlancar proses pengelolaan manajemen hotel agar tersistematis.

Dengan adanya struktur organisasi di dalam hotel, tanggung jawab dan pekerjaan yang terdapat dalam unit tertentu akan bisa terkelola dengan baik. Masing-masing unit tersebut akan bekerja sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pencapaiannya sendiri-sendiri. tentu unit tersebut harus diisi oleh orang-orang profesional di bidangnya.

Berikut ini adalah beberapa divisi maupun departemen yang bisa dicantumkan dalam struktur hotel untuk memperlancar manajemen hotel.

Manajemen Perhotelan Adalah: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Divisi yang Dibutuhkan
bestpartnereducation.com

1. Administrasi dan general

Dalam administrasi dan general biasanya terdapat manajer umum, asisten manajer eksekutif, dan sekretaris umum. Selain mengontrol semua departemen berjalan dengan baik, manajer akan berperan dalam pengambilan keputusan apa terdapat hal-hal mendesak yang perlu disepakati dan diselesaikan.

Tugas manajer tentu dibantu oleh asistennya. Dan keperluan administrasi perhotel akan diselesaikan oleh sekretaris secara langsung.

2. Room division

Orang-orang yang tergabung dalam room division inilah yang akan bertugas dalam menyambut tamu saat ia pertama kali menginjakan kakinya di dalam hotel. Ia juga bertanggung jawab atas kebersihan kamar hotel dan sekitarnya.

Room divisio dalam dunia perhotelan terdiri dari front office ream dan housekeeping. Di beberapa hotel memberlakukan tambahan divisi engineering dalam room division.

3. Sales and marketing

Sales dan marketing ini adalah faktor penting. jumlah pengunjung yang datang ke hotel akan sangat dipengaruhi oleh kinerja orang-orang dalam divisi sales dan marketing ini. apabila kinerja sales dan marketingnya bagus, tamu-tamu hotel akan ramai. Hotel akan terkenal dan meraup banyak keuntungan.

Ia tidak akan banyak bekerja di dalam kantor. Ia akan bekerja diluar lapangan, bahkan kalau perlu ke luar negeri untuk meningkatkan penjualan.

4. Accounting dan IT

Staff accounting dan IT akan bertugas untuk mencatat semua transaksi yang terjadi secara keseluruhan. Ia harus bijak dalam mengatur pengeluaran dan pemasukan akan cashflow perusahaan tetap aman dan terjaga.

5. Food & Beverage

Hal ini berkaitan dengan restaurant hotel. Ia menjadi sumber penghasilan selain kamar hotel, sehingga sangat penting untuk memaksimalkan revenue hotel.

6. HR

Divisi terakhir adalah Human Resources, orang yang bertanggungjawab dalam pengelolaan sumber daya manusia. Tugas dari HR ini adalah melakukan planning, rekrutmen, hingga menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kinerja.

Itu dia informasi untukmu mengenai apa itu manajemen perhotelan secara umum, hal-hal penting, dan divisi yang dibutuhkan dalam pengelolaan. Temukan informasi baru pada artikel-artikel selanjutnya.

 

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *