Marketing Counter Adalah, Artikel Lengkap!

Marketing counter adalah salah satu poin utama bisnis untuk meningkatkan penjualan. Sebagian besar perusahaan memiliki satu marketing counter penjualan yang bertugas menjual barang di toko.

Peran mereka adalah melayani pelanggan dengan cara yang membuat mereka ingin segera membeli dari konter.

Biasanya marketing counter adalah posisi penting di banyak perusahaan logistik, dealer sepeda motor serta distributor penjualan smartphone dan berbagai industri lainnya.

Lowongan kerja untuk posisi marketing counter selalu terbuka dengan tingkat gaji yang menggiurkan.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang berbagai aspek tentang marketing counter yang didesain khusus untuk orang-orang pemasaran.

Marketing Counter Adalah

Marketing counter adalah karyawan yang bertanggung jawab untuk memberikan layanan pelanggan terbaik kepada pelanggan mereka, sehingga mereka tertarik untuk membeli produk yang disajikan.

Tanggung jawab mereka pada dasarnya identik dengan eksekutif penjualan dan manajer akun, yang bertugas menilai dan menerapkan strategi pemasaran untuk mencapai target penjualan.

Fokus perusahaan tidak hanya terfokus pada penjualan, tetapi juga untuk meningkatkan kepuasan pelanggan saat membeli barang atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis.

Baca Juga : Sounding Dalam Marketing, Apa Itu?

Oleh karena itu, pelanggan akan puas dan akan meningkatkan citra bisnis dan juga akan menarik pelanggan lain yang ingin berkunjung langsung untuk membeli produk dan layanan dari konter toko.

Inilah sebabnya mengapa marketing counter harus rendah hati dan memiliki pendekatan yang ramah untuk memastikan bahwa pelanggan merasa nyaman dan akan membeli dan lagi.

Pelanggan ingin berbagi pengalaman membeli produk membuat calon pelanggan cenderung membeli barang dari perusahaan.

Contoh Marketing Counter

Mungkin Anda pernah mengunjungi dealer mobil atau motor? Mungkin Anda pernah mengunjungi toko online.

Jika Anda menemukan orang yang melayani Anda dan memberikan informasi tentang berbagai barang dagangan yang dijual, maka Anda telah bertemu dengan agen penjualan.

Marketing counter bertanggung jawab untuk menjaga konter, atau berbelanja pada saat pelanggan ada dan membutuhkan informasi, tidak seperti manajer penjualan yang sering menggunakan mobilitas untuk berinteraksi dengan pelanggan atau mengerjakan proyek lain.

Marketing counter bertanggung jawab untuk memberikan informasi kepada pembeli yang mengunjungi dan membutuhkan detail tentang produk.

Perbedaan Antara marketing counter dan Sales Executive

Perbedaan antara keduanya terlihat pada pekerjaan. Peran counter salesperson adalah untuk mengawasi counter atau toko saat pelanggan datang, sementara sales executive lebih sering melakukan canvassing, sehingga mereka dapat berinteraksi dengan pelanggan dan membentuk kemitraan strategis dengan mereka.

Konter di marketing counter penjualan bertanggung jawab melayani mereka yang mampir, sedangkan manajer penjualan bertugas menjelaskan fitur produk kepada calon klien yang mungkin tertarik untuk bergabung.

Tugas Marketing Counter

Ketika Anda memahami apa itu konter, Anda seharusnya sudah mengetahui seperti apa tanggung jawab marketing counter.

Meskipun tugas marketing counter masing-masing perusahaan mungkin berbeda satu sama lain, ini adalah beberapa tugas yang diberikan ke marketing counter yang harus Anda ketahui.

1. Penjualan Produk

Fungsi utama marketing counter penjualan adalah menawarkan produk secara langsung, baik melalui marketing counter maupun melalui telepon.

Marketing counter biasanya dilengkapi dengan target penjualan tertentu, namun jumlah target berbeda dari satu bisnis ke bisnis lainnya.

Misalnya marketing counter harus mampu menjual lebih dari 50 item setiap hari.

2. Apakah Anda Melakukan Up-Selling atau Sugestif Selling?

Untuk meningkatkan penjualan dan memaksimalkan keuntungan, marketing counter juga dikenakan up-selling dan menyarankan penjualan.

Baca Juga : Arti Kata Tampung Dalam Jual Beli

Praktek up-selling menjual yang melibatkan menawarkan produk serupa yang lebih mahal daripada barang yang ingin dibeli pelanggan.

Padahal, sugestif selling adalah metode yang digunakan untuk meningkatkan jumlah penjualan ke penjualan yang sudah selesai.

Hal ini dapat dilakukan oleh tenaga penjual dengan mendorong pelanggan untuk membeli produk lain yang lebih efisien dan lebih baik.

3. Berikan Detail Produk

Untuk mengefisienkan marketing counter dalam up-selling dan menjual marketing counter juga bertugas memberikan informasi tentang produk kepada pelanggan.

Dengan memberikan informasi yang akurat dan jelas, pelanggan akan dapat mengenal produk lebih baik, dan ini akan mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli produk.

4. Membuat Laporan Aktivitas Penjualan

Bagian penjualan marketing counter ini bertanggung jawab atas pembuatan laporan tentang kegiatan penjualan, yang meliputi berbagai informasi, seperti jenis barang yang dijual, jumlah barang yang dijual, dan nilai penjualan yang dicapai secara efektif dan kemudian dikomunikasikan kepada pengawas.

5. Merchandise

Selanjutnya, marketing counter bertanggung jawab untuk memelihara dan menata display dan rak yang telah ditebar.

Mereka juga bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan membersihkan konter secara teratur.

6. Tanggung Jawab Keamanan

Masalah keamanan dan pencurian harus dipertimbangkan oleh marketing counter.

Misalnya, bertanggung jawab untuk mengikuti kebijakan toko bahwa dok dan pintu belakang harus ditutup saat gelap.

Mereka mengikuti kebijakan toko bahwa tagihan besar harus dijatuhkan ke dropbox selama giliran kerja mereka.

7. Menjaga Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Sebagai perwakilan penjualan, tugas Anda selanjutnya adalah menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Hal ini dilakukan dalam rangka membangun loyalitas konsumen.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengingat nama-nama pelanggan yang sering datang ke toko Anda dan produk yang paling sering mereka pesan. Ini membantu konsumen merasa dihargai dan setia pada merek Anda.

8. Pelajari Tentang Kebijakan Perusahaan

Perwakilan penjualan harus memahami kebijakan kredit serta pengembalian/penukaran produk. Penting untuk menawarkan layanan pelanggan yang maksimal.

Kemampuan Marketing Counter

Marketing counter harus memiliki berbagai tanggung jawab dan tugas. Berikut adalah beberapa keterampilan yang harus dimiliki perwakilan penjualan.

1. Mencapai Target

Untuk mencapai target penjualan diperlukan counter penjualan. Peningkatan layanan adalah salah satu cara.

Mereka harus mampu menyelesaikan keluhan konsumen dan menerimanya. Salah satu tanggung jawab mereka adalah menjaga nama baik perusahaan.

Posisi ini juga memiliki perwakilan penjualan yang bertanggung jawab untuk menjaga konter tetap bersih dan rapi.

Baca Juga : Arti INC Dalam Jual Beli Online

Counter penjualan juga harus bisa memahami fitur produk dan harga. Mereka juga harus mampu, dalam praktiknya, menerapkan program promosi yang dirancang untuk meningkatkan penjualan.

2. Marketing Counter Harus Memiliki Semangat Kerja

Gairah untuk bekerja harus ditampilkan setiap saat. Ini akan mempengaruhi cara kerjanya. Akan lebih mudah menyalurkan energi positif jika seseorang bergairah dengan pekerjaannya.

Hal ini memudahkan untuk bekerja dengan nyaman dan dapat menawarkan pelayanan yang baik kepada pelanggan.

Konsumen akan merasakan semangat kerja seorang tenaga penjualan dan karena itu akan enggan untuk menolak tawaran yang dibuat oleh mereka.

Antusiasme yang penuh gairah ini pasti akan memunculkan yang terbaik dari konsumen dan orang lain di sekitarnya.

3. Marketing Counter Harus Profesional

Penting untuk memiliki sikap profesional terhadap pekerjaan. Anda dapat melihat sikap ini dalam cara dia berinteraksi dengan pelanggan.

Jangan biarkan emosi menghalangi profesionalisme. Hal ini dapat menyebabkan penurunan pelanggan.

Sikap profesional seorang sales rep tidak hanya ditampilkan saat menghadapi masalah pribadi.

Perwakilan penjualan harus tersenyum dan ramah dengan pelanggan, terlepas dari masalah pribadi mereka.

4. Percaya Diri dan Cerdas

Seorang tenaga penjualan harus memiliki rasa percaya diri. Kecerdasan sangat penting untuk melayani pelanggan.

Setiap orang harus memiliki kepercayaan diri, bukan hanya mereka yang bekerja di industri yang sama.

Seseorang yang percaya diri akan dapat mengembangkan bakatnya. Produk ini juga diharapkan dapat menarik minat konsumen.

Ketika marketing counter menawarkan solusi untuk masalah konsumen, mereka percaya diri dan cerdas.

Solusi cerdas adalah apa yang harus dapat ditawarkan oleh marketing counter kepada pelanggan.

Pelanggan harus didorong untuk membeli produk dan layanan melalui marketing counter.

Baca Juga : 5 Contoh Iklan Dengan Tema Bisnis Online

Terkadang, tenaga penjualan perlu memiliki kecerdasan. Hal ini agar mereka dapat mengetahui tentang produk.

Ini akan memastikan bahwa karyawan dapat dengan mudah menjawab pertanyaan tentang produk jika ditanya. Hal ini akan memberikan kesan yang baik pada pelanggan.

5. Marketing Counter Harus Memiliki Sikap Positif

Marketing counter harus bersikap positif. Sikap ini bisa Anda tunjukkan dengan bersikap sopan kepada pelanggan. Mereka juga harus jujur ‚Äč‚Äčtentang produk yang mereka tawarkan.

Jangan berbohong kepada pelanggan tentang produk yang Anda tawarkan. Itu hanya akan mengecewakan mereka.

Untuk menarik simpati dari konsumen, Anda juga harus menunjukkan keramahan.

6. Marketing Counter: Perawatan

Profesi ini seringkali membutuhkan penggunaan make up. Tidak masalah jika Anda ahli dalam riasan. Yang terpenting adalah berpenampilan baik.

Anda harus menata rambut, make-up, dan mendandani pakaian dan sepatu orang yang memakainya.

Make up ini berfungsi untuk mempercantik penampilan customer. Pelanggan akan lebih tertarik pada salesman yang rapi daripada yang tampil berantakan.

7. Mudah Berinteraksi Dengan Konsumen Melalui Sales Counter

Berinteraksi dengan pelanggan adalah bagian penting dari proses penjualan. Mulailah dengan menyapa dan menyapa pelanggan.

Tujuan pembicaraan adalah untuk mengetahui kebutuhan konsumen. Akan lebih mudah bagi Anda untuk menyediakan produk yang tepat jika Anda memahami kebutuhan pelanggan Anda.

Frequently Asked Question

Berikut beberapa pertanyaan yang mungkin perlu anda ketahui jawabannya.

Apa Tugas Seorang Sales Counter?

Fungsi utama sales counter adalah memasarkan produk secara langsung, baik melalui counter maupun melalui telepon.

Sales counter biasanya diberi sasaran penjualan tertentu, tetapi jumlahnya berbeda dari satu bisnis ke bisnis lainnya.

Berapa Gaji Sales Counter?

Jika Anda tertarik untuk mengetahui apa itu counter untuk Gaji penjualan, itu bergantung pada kebijakan perusahaan.

Menurut Jobstreet biasanya, sales counter digaji antara Rp 2.000.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan.

Apa Perbedaan Sales dan Marketing?

Tenaga marketing cenderung lebih fokus pada strategi untuk menghasilkan pendapatan paling banyak dan disesuaikan dengan situasi saat ini.

Profesional marketer mengembangkan rencana untuk memastikan bahwa informasi yang mereka berikan dan citra merek mampu menjangkau pasar sasaran mereka untuk memastikan bahwa barang dan upaya pemasaran mereka akan bertahan lebih lama di pasar.

Kesimpulan

Demikian penjelasan lengkap kami tentang peran marketing counter. Mereka adalah pemimpin perusahaan dan harus mampu mencapai target penjualan dan meningkatkan pendapatan setiap bulannya.

Mereka harus memberikan layanan pelanggan yang sangat baik sehingga pelanggan akan membeli produk yang mereka tawarkan.

Baca Juga : Contoh Percakapan Bisnis Suatu Produk

Tugas lainnya termasuk menjual produk, memberikan informasi tentang produk, menawarkan produk dan melaporkan aktivitas penjualan.

Tugas ini menuntut mereka mampu berkomunikasi secara efektif, mampu memahami produk, mampu menutup penjualan, dan terampil dalam perawatan.

Setelah tenaga penjualan menyelesaikan pekerjaannya, perusahaan atau bisnis harus mampu mengevaluasi hasil dan menyimpan catatan penjualan yang akurat.

Leave a Comment