Contoh Proses Bisnis Perusahaan Jasa

Bahkan bagi kaum milenial, memahami contoh proses bisnis perusahaan jasa itu sulit. Namun, jangan heran jika banyak anak muda yang sukses dalam bisnis.

Namun, untuk benar-benar sukses, Anda perlu mengetahui banyak hal, termasuk apa itu proses bisnis dan apa contohnya.

Karena itu adalah kerja keras. Prosesnya sama untuk industri lain. Kami sebelumnya telah membahas konsep proses bisnis di sini.

Pada artikel ini, kita akan fokus pada satu contoh proses bisnis perusahaan jasa.

Untuk menjadi master dalam bidang tertentu harus melalui proses yang sulit dan panjang. Ini juga dikenal sebagai proses.

Apa sebenarnya siklus bisnis itu? Jika Anda ingin terlibat, penting bagi Anda untuk memiliki pengetahuan dasar tentang bisnis.

Proses bisnis dapat digambarkan sebagai serangkaian kegiatan atau aktivitas yang terorganisir dan terkait untuk memecahkan masalah tertentu dan menghasilkan produk dan layanan.

Proses bisnis ini memiliki tujuan yang jelas: untuk membantu Anda dan organisasi Anda mencapai tujuan yang telah ditetapkan sejak awal. Ini akan membantu Anda untuk berada dalam fase proses bisnis.

Sebuah proses bisnis yang benar-benar efektif harus memiliki tujuan. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan produktivitas dan ke-efektifan operasi bisnis.

Pengertian Proses Bisnis Menurut Ahli

Tepatnya, kita akan membahas apa arti proses bisnis menurut para ahli!

Monk

Monk mendefinisikan proses bisnis sebagai aktivitas yang membutuhkan satu atau lebih input.

Masukan ini kemudian menghasilkan keluaran yang sangat bernilai bagi pelanggan. Monk menafsirkan proses bisnis dengan cara yang sederhana tetapi memiliki banyak makna.

Bisnis adalah bisnis yang berusaha memecahkan masalah dan menawarkan solusi. Ini adalah pemahaman Monk tentang proses bisnis.

Untuk menjalankan bisnis, Anda membutuhkan input dan output. Masukannya berupa masalah dan kendala yang dihadapi masyarakat, sedangkan keluarannya adalah solusi. Ini sederhana, tetapi komprehensif. Keren sekali!

Rummler dan Brache

Rummler dan Brache memberikan pandangan kedua tentang proses bisnis. Kedua tokoh dari dunia bisnis ini mengartikan bahwa proses bisnis adalah kegiatan yang menghasilkan solusi.

Rummler dan Brache mendefinisikan proses bisnis secara luas, tetapi mereka memiliki tujuan dan sasaran yang jelas. Proses bisnis dapat diterapkan pada setiap aktivitas bisnis yang menghasilkan solusi.

Jika suatu kegiatan bisnis tidak menghasilkan output, itu menjadi pertanyaan semua kalangan. Akan sulit untuk menyebutnya sebagai proses bisnis.

Weske

Weske mengklaim bahwa proses bisnis adalah alat yang memiliki tujuan yang jelas, seperti meningkatkan minat dalam suatu kegiatan atau meningkatkan pemahaman.

Pengertian lainnya adalah rangkaian rangkaian yang terkoordinasi dalam lingkungan bisnis dan memiliki teknis.

Semua kegiatan ini memiliki tujuan yang sama, dan semuanya dikembangkan dengan menggunakan strategi yang sama.

Proses bisnis biasanya dilakukan dalam suatu organisasi. Namun, dia mengatakan bahwa individu dapat melakukan proses bisnis ini.

Davenport

Davenport adalah yang terakhir. Davenport percaya bahwa proses bisnis adalah aktivitas yang terorganisir dan dapat diukur yang menciptakan output tertentu atau untuk pasar tertentu.

Dia menempatkan penekanan yang kuat pada pertanyaan tentang “bagaimana” kegiatan ini dilakukan oleh sebuah organisasi.

Ini tentang bagaimana sistem diimplementasikan dalam suatu organisasi dan bukan detail dari pertanyaan “apa” yang lebih terfokus pada produk.

Ini adalah sebuah proses. Ada urutan kegiatan yang melibatkan ruang dan waktu. Hasil akhirnya disebut ‘output.

Semuanya mengacu pada proses bisnis yang ‘serupa’. Ini semua tentang mengelola input sehingga output dapat diproduksi.

Sparx System menyatakan bahwa tujuan, input, dan output semuanya harus menjadi bagian dari proses bisnis. Mereka juga harus menggunakan aktivitas bertahap, sumber sumber daya, menciptakan nilai bagi semua pelanggan, dan memiliki pengaruh atas unit lain.

Ini akan membantu Anda untuk memahami proses bisnis dan menarik kesimpulan tentang proses bisnis ini. Ini juga memberikan wawasan. Misalnya, Anda akan melihat bahwa tujuan perlu ditetapkan dan staf yang berkualitas diperlukan.

Untuk membuat segalanya lebih jelas dan lebih konkret, baca terus sampai akhir. Kami akan menyertakan contoh proses bisnis perusahaan jasa yang akan membantu Anda.

Contoh Proses Bisnis Perusahaan Jasa

Sekarang kita akan membahas yang terakhir. Ini adalah contoh proses bisnis. Proses ini diwakili oleh langkah kerja ya atau alur kerja atau bahkan diagram alur. Rangkaian langkah ini tertata dan rapi.

Bagi yang masih bingung atau floating, berikut beberapa contoh proses bisnisnya. Mungkin hal ini akan membantu Anda untuk lebih percaya diri dalam usaha bisnis Anda di masa depan.

Contoh Proses Bisnis Rekrutmen Karyawan

  • Bagian SDM akan membuat dan mempublikasikan iklan di berbagai media. Ini dapat mencakup media sosial, situs web, dan grup Facebook.
  • Portal pekerjaan juga dimungkinkan. Mereka mencari pekerja yang terampil dan memiliki kualifikasi yang diperlukan untuk bekerja di perusahaan. Mereka yang percaya bahwa mereka memenuhi kriteria dapat mendaftar.
  • Jika ada cukup aplikasi, salah satu anggota tim SDM akan menghubungi pelamar untuk memberi tahu mereka kapan dan di mana wawancara akan dilakukan.
  • Departemen SDM sekarang akan memberikan beberapa putaran wawancara untuk pelamar potensial. Penting untuk mendapatkan pekerjaan.
  • Setelah putaran selesai, pihak yang mewawancarai akan menemukan kandidat yang menonjol dari yang lain.
  • Manajer SDM kemudian akan memberikan dokumen dan kontrak yang harus dibaca dan ditandatangani.
  • Langkah selanjutnya setelah menemukan bibit unggul adalah proses pelatihan. Meski sudah lulus tes, mereka tetap harus mengikuti pelatihan sesuai dengan persyaratan.
  • Setelah semua prosedur dan proses selesai, karyawan baru akan menerima alat, tugas, dokumen, dan dokumentasi yang diperlukan.
  • Sepanjang proses rekrutmen karyawan, rangkaian ini akan berulang. Ini hanyalah salah satu contoh proses bisnis.
  • Anda sekarang harus dapat melihat contoh di atas dan mendefinisikan proses bisnis perusahaan jasa.

Sederhananya, contoh proses bisnis perusahaan jasa harus memiliki kesatuan dari banyak elemen seperti orang, perangkat keras, perangkat lunak, sumber daya data yang mengubah, mengumpulkan data, jaringan komunikasi untuk mendistribusikan informasi ke organisasi.

Ini mungkin tampak sederhana tetapi itu akan berubah ketika Anda masuk ke lapangan dan mulai berlatih.

Ada kemungkinan apa yang tampak sederhana, mudah dan menyenangkan, menjadi momok yang menakutkan.

Jika Anda menikmati ini, dan terus menyempurnakannya, proses bisnis bisa sangat menyenangkan. Jadi, mari kita ke pembahasan proses bisnis.

Diharapkan dapat bermanfaat bagi mereka yang mencari informasi lebih lanjut tentang definisi, karakteristik, jenis, dan contoh proses bisnis perusahaan jasa.

Leave a Comment